Asesmen Usai, UIN RF Kini Raih Akreditasi Baru

Akreditasi baru UIN Raden Fatah dengan predikat “Baik Sekali” keluar pada Rabu, (21/07). Sumber foto: IST

UIN RF – Ukhuwahnews | Setelah melalui proses asesmen lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada bulan Juni lalu, kini UIN Raden Fatah Palembang raih akreditasi “Baik Sekali” sesuai dengan Surat Keputusan nomor 667/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2021. Surat keputusan tersebut mulai beredar pada Kamis, (22/07) kemarin siang.

Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Syahril Jamil mengatakan, pihak kampus UIN Raden Fatah sudah melakukan upaya demi meningkatkan akreditasi kampus dengan mengumpulkan seluruh dokumen yang sesuai kriteria dari BAN-PT, baik yang dicetak sebagai bukti fisik ataupun di publis dalam web UIN Raden Fatah dan web LPM.

“Sembilan kriteria itu ialah mencakup visi, misi, sasaran, tujuan, tata pamong, kemahasiswaan, pendidikan, sarana prasarana, pembiayaan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan aspek luaran,” ujarnya saat diwawancarai melalui pesan singkat. Jumat, (23/07).

Lebih lanjut Syahril, sangat bersyukur atas peningkatan poin penilaian dari 330 hingga mencapai 351. Oleh sebab itu, ia menghimbau kepada seluruh civitas akademika wajib untuk menjaga dan mempertahankan budaya mutu demi mempertahankan akreditasi yang telah di capai oleh UIN Raden Fatah saat ini.

“Perlu ditingkatkan baik dalam bidang pembelajaran, kemahasiswaan, dan treser alumninya serta seluruh komponen civitas akademika harus bahu membahu untuk meningkatkan siklus mutunya,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Muhammad Adil, mengatakan belum dapat menerima akreditasi unggul sebab saat ini UIN Raden Fatah masih berada di angka 3,23 dari angka 3,25 dari ketentuan BAN-PT.

“Artinya kita hanya kurang 0,2 point lagi, seandainya kita memiliki satu atau dua program studi dengan akreditasi baik mungkin kita bisa mendapatkan akreditasi unggul,” ujarnya.

Adil menambahkan, proses re-akreditasi akan dipercepat pada tahun depan menuju unggul. Selain itu pihak kampus akan mendongkrak program studi yang masih berakreditasi C menjadi baik sekali.

“Dalam waktu dekat ini kami akan memanggil prodi yang masih berakreditasi C dan memompanya menjadi baik agar cita-cita kita semua dapat tercapai,” tutupnya.

Selain itu, sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan dan target Rektor, UIN Raden Fatah akan berupaya mencapai akreditasi unggul pada tahun 2023 dan menjadi Universitas unggul di Asia Tenggara pada tahun 2029.

Reporter: Siti Alicia
Editor: Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *