Read Time:1 Minute, 37 Second

UIN RF – Ukhuwahnews | Senat Mahasiswa (SEMA) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN RF) mengadakan Sekolah Legislatif bertema “Meningkatkan Wawasan dan Kompetensi Sebagai Legislator di Era Generasi Z Demi Mewujudkan Kebijakan Publik yang Bermaslahat” di Auditorium Perpustakaan Kampus Jakabaring, Rabu (16/10/2024).

Acara ini di isi oleh dua pemateri yaitu Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Sumsel (Sumatera Selatan), Rudianto Widodo dan Anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi Sumsel, Lury Eliza Alex Noerdin.

Materi pertama disampaikan Rudianto, ia mengungkapkan bahwa mayoritas besar pemilih pada Pilkada nanti di dominasi generasi muda.

“Bahwa hari ini 50% mayoritas pemilih Pilkada nantinya ialah Generasi Milineal dan Generasi-Z,” ungkapnya saat memaparkan materi.

Selanjutnya, Widodo menyebutkan ada empat peran generasi muda, agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan demokrasi.

Baca juga: Senat Mahasiswa UIN RF Palembang Sukses Adakan Sekolah Legislatif

“Peran pemuda menyampaikan ide dan gagasan kepada pemangku kepentingan, berpartisipasi dan bekerjasama dengan penyelenggara pemilu, menjadi bagian partai atau peserta pemilu untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Lury Eliza menjelaskan untuk menjadi legislator tidak cukup hanya pintar berorasi saja, namun harus punya kemampuan tertentu yang telah diasah dari waktu sedini mungkin.

“Menjadi seorang legislator tidak cukup cuma orasi saja, tapi harus bisa meyakinkan masyarakat dan memiliki kecerdasan emosional yang perlu dibentuk dari masih menjadi mahasiswa,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Lury menambahkan generasi muda seharusnya punya pemikiran terbuka demi mengembangkan potensi perkembangan dirinya.

“Generasi muda wajib memiliki pemikiran terbuka, jadilah orang yang selalu haus akan pembelajaran dimanapun, mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan produktif,” ujarnya.

Terakhir, anggota DPRD Sumsel itu mengajak generasi muda berperan aktif membenahi kembali Provinsi Sumsel yang semakin tertinggal.

“lihatlah beberapa tahun ini kondisi provinsi Sumsel Semakin terpuruk, kalian sebagai generasi muda menjadi pemicu kesadaran masyarakat agar dapat memperbaiki kembali kondisi ini seperti dengan memilih calon pemimpin yang benar-benar berkualitas dalam Pilkada nanti,” terangnya.

Reporter: Ahmad Hafiizh Kudrawi

Editor: Marshanda

About Post Author

Marshanda

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Senat Mahasiswa UIN RF Palembang Sukses Adakan Sekolah Legislatif
Next post LPM Ukhuwah Gelar Upgrading Kepenulisan Guna Memperdalam Skil Menulis