Adakan Rapid Test, UIN RF Cegah Corona Sedini Mungkin

Rapid Test masal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Kamis (17/12/20). Ukhuwahfoto/Muhammad Firdaus

UIN RF – Ukhuwahnews | Fakuktas Sains dan Teknologi (FST) serta Satgas Covid-19 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang bekerjasama dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Sumatera Selatan mengadakan Rapid Test dan SWAB Test secara GRATIS. Bertempat di Halaman Rektorat UIN Raden Fatah Palembang. Kamis, (17/12/20).

Rektor UIN Raden Fatah, Nyanyu Khodijah mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak klaster terbaru Covid di lingkungan kampus.

“Saat ini angka penyebaran belum menurun bahkan semakin meningkat, alangkah baiknya untuk kita cegah penyebarannya sedini mungkin,” katanya

Test tersebut diikuti oleh beberapa dosen dan tenaga kerja UIN. Nyayu berharap hasil dari tes yang dilakukan oleh civitas akademika UIN RF ini semuanya negatif.

“Saya berharap semoga hasilnya tidak ada yang reaktif, semoga kita semua sehat walafiat,” tambahnya.

Sementara itu, pihak BTKL-PP Sumsel, Suzanna menjelaskan bahwa proses tes dilakukan Rapid  Test terlebih dahulu.

“Hasilnya akan keluar setelah 15 menit, kemudian apabila statusnya reaktif maka akan langsung ditindaklanjuti dengan Swab Test,” ujarnya.

Suzanna juga menambahkan agar dosen tidak terlalu panik dengan hasilnya. “Itu bisa saja flu dan virus lainnya, jadi jangan takut duluan untuk dirapid,” imbuhnya.

Mahasiswa Instuntut Teknologi dan Sains Bandung, Latifa juga mengatakan bahwa ia mengapresiasi kegiatan Rapid Test masal ini.

“Menurut saya bagus ya, karena kalau mau rapid kan biasanya bayar tapi disini malah ngadain gratis. Dan juga berharap agar masyarakat lebih mengindahkan peraturan pemerintah agar kasus corna berkurang dan kasus coronanya bisa menurun,” pungkasnya.

Reporter : Muhamad Firdaus, Bunga Yunielda
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *