3 Hari Jelang Idulfitri, Masjid UIN RF Siapkan Keperluan Salat Id

Jemaah tengah memasuki kawasan masjid Darul Mutaqqin UIN Raden Fatah Palembang, Sabtu (02/04/22). Ukhuwahfoto/Adrian Sidik.

UIN RF- Ukhuwahnews | Menuju tiga hari menjelang Idulfitri 1443 Hijriah, Masjid Darul Muttaqin UIN Raden Fatah Palembang mempersiapkan keperluan salat Id yang akan dilakukan pada 1 Syawal mendatang, Jumat (29/04/2022).

Marbot Masjid Darul Muttaqin, Bambang Indra Gunawan mengatakan setiap harinya para petugas sudah membersihkan teras dan ruangan dalam masjid. Katanya, pembersihan menuju lebaran ini dilakukan lebih ekstra.

“Untuk salat Id ini kami lebih ekstra membersihkan masjidnya, seperti teras masjid dan menghidupkan Air Conditioner (AC) terlebih dahulu agar jemaah tetap nyaman,” katanya.

Bambang menambahkan dalam pelaksanaan salat Id, Ia mengatakan tidak ada batasan kuota jumlah jemaah salat Id di Masjid Darul Muttaqin UIN Raden Fatah.

“Masjid Darul Muttaqin tidak membatasi jemaah, sebab untuk tahun kemarin saja jemaahnya sampai diteras masjid,” tambahnya.

Baca Juga: Kali Pertama Puasa Tanpa Keluarga, Ini Suka-Duka Mahasiswa Rantau UIN RF

Kemudian terkait air wudu, lanjut Bambang, pihak masjid mengandalkan Perusahaan Air Minum (PAM) untuk keperluan wudu jemaah masjid Darul Muttaqin.

“Kami mengandalkan PAM sebab airnya bersih. Tetapi ketika keran air mati, kami mengatasinya dengan menyediakan tempat penampungan air, baik di tempat perempuan maupun laki-laki,” lanjutnya.

Senada dengan itu, Ketua Pengurus Masjid, Sofyan mengatakan persiapan salat Id sudah dilakukan dengan matang. Mulai dari fasilitas masjid sampai imam dan khatib yang akan bertugas.

“Kami sudah mempersiapkan semua sarana dan fasilitas seperti mukenah, tempat wudu dan tempat salat agar jemaah tetap nyaman. Lalu untuk imam dan khatib nantinya berasal dari dosen UIN Raden Fatah,” pungkasnya.

Reporter: Wiardini Yuli Suwanti
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *