Read Time:1 Minute, 26 Second

UKMK – Ukhuwahnews| Lembaga pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang adakan lesehan memperdalam teknik fotografi untuk dokumentasi. Kegiatan tersebut berlangsung di Sekretariat LPM dan diikuti kurang lebih 20 anggota, Rabu (16/10/2024).

Pemantik Lesehan, Kemas Prima menjelaskan fotografi dokumentasi, tak hanya merekam kejadian, namun gambar-gambar tersebut juga mampu bercerita lebih dari kata-kata, membuka jendela menuju kenangan, emosi, dan sejarah yang mungkin terlupakan.

“Foto dokumentasi memiliki posisi penting bagi manusia. Momen yang kita anggap penting sering kita rayakan dengan berfoto, seperti acara keluarga, kelulusan, apalagi pernikahan,” jelas prima.

Selanjutnya, ia juga menyebutkan Fotografer pemula sering kesulitan mengatur pencahayaan, sudut, dan komposisi. Memperhatikan aspek teknis dan artistik sangat penting untuk hasil yang lebih baik.

Baca juga: LPM Ukhuwah Gelar Upgrading Kepenulisan Guna Memperdalam Skil Menulis

“Fotografer pemula hanya mengabadikan suatu peristiwa atau kegiatan dalam satu atau dua buah foto, padahal banyak opsi pengambilan dari sudut yang berbeda yang dapat memberi kesan yang lebih menarik pada sebuah foto,” ucapnya.

Prima juga menyampaikan, untuk menghasilkan dokumentasi yang berkualitas, penting bagi seorang fotografer untuk memahami dan memprediksi peristiwa yang akan datang, sehingga momen-momen berharga bisa tertangkap dengan sempurna.

“Persiapan merupakan kunci di dalam membuat dokumentasi yang baik. Fotografer perlu mengetahui dan mengenali apa yang mungkin akan terjadi, sehingga dapat mengantisipasi momen dan merekamnya,” katanya.

Lebih lanjut, ia menuturkan mulai dengan memahami segitiga exposure, sering melihat foto untuk inspirasi, dan rutin berlatih dengan mendokumentasikan momen keluarga, kegiatan kampus, atau teman. Melatih tangan agar tidak kaku mengunakan kamera.

“Tips fotografi dokumentasi bagi Pemula, Pelajari segitiga exposure, perbanyak liat foto, rutin latihan domentasikan acara keluarga sendiri, kegiatan di kampus, foto pacar atau teman,” imbuhnya.

Reporter: Oktavia
Editor: Marshanda

About Post Author

Marshanda

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post LPM Ukhuwah Gelar Upgrading Kepenulisan Guna Memperdalam Skil Menulis
Next post Ikut Memeriahkan EXPO, UKMK Pramuka Tampilkan Drama Perjuangan Rakyat Palestina