UKMK LPTQ&D Bentuk Remaja Bebas dari Narkoba Lewat Webinar

Tangkapan layar kegiatan webinar nasional UKMK LPTQ-D bersama Dinas Kesehatan sumatera Selatan pada Sabtu (18/06/2022).

UIN RF – Ukhuwahnews | Guna membentuk remaja yang bebas dari narkoba, Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dan Dakwah (LPTQ&D) UIN Raden Fatah Palembang menggelar webinar nasional bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Sabtu (18/06/2022).

Kepala seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan Dinkes Sumsel, Imam Subroto mengatakan remaja di Indonesia berperan sebagai agent of change.

“Remaja itu penerus perjuangan yang berilmu, berwawasan, serta berkarakter. Tapi sayangnya sebagian dari remaja umumnya telah melalui jalan yang salah seperti terjerumus pada narkoba,” ujarnya.

Baca juga: Jangan Dibuang, Limbah Tahu Ini Ternyata Bermanfaat

Ia juga menjelaskan salah satu penyebab banyaknya remaja yang menggunaan narkoba dikarenakan adanya perkembangan modernisasi dan pesatnya kemajuan komunikasi, sehingga kaum muda masa kini kehilangan jati dirinya.

“Untuk menanggulangi masalah itu, sudah sepatutnya kita memberikan edukasi kepada mereka bukan memusuhinya. Kita bisa memberikan pendidikan karakter yang meliputi pengetahuan dan kemauan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ketua Badan Otonom (Banom) kesehatan UKMK LPTQ&D UIN Raden Fatah, Issoratun Nikmah menjelaskan penyebab kurangnya kepercayaan diri dari seorang remaja bisa berasal dari lingkungan, orang tua, dan pencapaian yang belum tergapai.

“Pastinya seseorang pernah merasakan kurangnya rasa percaya diri, tentunya banyak faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Untuk itu, kita perlu membangun diri untuk meningkatkan rasa percaya diri dengan mengikuti kegiatan yang positif ,” jelasnya

Terakhir, Issoratun berharap setelah webinar ini peserta yang hadir bisa sedikit terbantu dengan ilmu yang telah disampaikan.

“Tidak ada istilah lambat untuk berproses menjadi lebih baik, selagi ada peluang untuk memajukan diri maka melangkahlah dan serahkan semua hasilnya kepada Allah,” tutupnya.

Reporter : Odelia Winneke
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *