Teater Arena: Kalam, Menyampaikan Keresahan Lingkungan Lewat Seni Panggung

Penampilan teater kalam oleh anggota muda dari UKMK Seni dan Budaya Teater Arafah di Panche Hub, Sabtu (09/12/2023). Ukhuwahfoto/Ula Tasyania.

UIN RF – Ukhuwahnews | Akhir tahun, Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus Seni dan Budaya Teater Arafah (UKMK Artea) menyelenggarakan pentas dengan tema Glow In The Art di Punche Hub Coffe and Art Space, Sabtu (09/12/2023).

Sutradara Teater Judul Kalam, Kurniawan mengatakan ada lima pertunjukan yang ditampilkan, salah satunya teater dengan judul Kalam dengan menggunakan jenis teater arena.

“Teater arena ialah teater yang berupa interaksi antara penonton dan pemain,” jelasnya.

Kurniawan juga menuturkan tujuan di tampilkan teater dengan judul Kalam ini ialah untuk menyampaikan pesan mengenai keresahan kita tentang lingkungan sekarang kepada penonton.

“Bumi ini terancam karena ulah kita sendiri, saya merasa resah, kita berasal dari rumah masing-masing tapi kita lupa kita semua berasal dari rumah yang sama yaitu bumi,” tuturnya.

Kurniawan yang dikenal dengan nama panggung Quipper berharap agar penonton dapat mengambil hikmah dari pesan berbalut seni ini, lebih mencintai lingkungan.

“Mungkin teman-teman bisa lebih sadar dan memperhatikan lingkungan, seperti puntung rokok, kita harus mulai pedulikan dari hal yang sekecil apapun itu,” harapnya.

Salah satu penonton teater tersebut, Selfiana sangat takjub akan penampilan teater yang di tampilkan oleh Teater Arafah.

“Penampilan malam ini keren, karena jarang yang mengambil tema ini. Apa lagi di tengah gempuran alam kita yang tergerus oleh manusia,” tutur Selfiana.

Baca juga: Sambut Usia 21 Tahun, UKMK Artea Perdana Tampil di Depan Publik

Selfiana juga memaknai penampilan teater tersebut sangat bermakna dan menarik untuk dirinya sendiri dan orang lain.

“Saya sebagai pencinta alam dan secara kebetulan sutradara mengambil tema tentang melestarikan alam ini sangatlah menarik, mulai dari pesan yang disampaikan melalui teater poinnya ialah mencintai alam sangatlah penting,” pungkasnya.

Reporter : Annisaa Syafriani
Editor: Imelda Melanie Agustin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *