Read Time:2 Minute, 2 Second

UIN RF – Ukhuwahnews | Setelah dua hari pahami dasar-dasar Jurnalistik, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke-XXVI Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) resmi selesai yang diselenggarakan di Auditorium Rafa Tower UIN RF, Jumat (04/10/2024)

Dengan mengangkat tema “Bongkar Fakta Lewat Data,” kegiatan ini berlangsung dari Kamis (03/10/2024) sampai dengan Jumat (05/10/2024) yang diikuti oleh 49 peserta Calon Anggota (CA) LPM Ukhuwah dan masyarakat umum.

Ketua Pelaksana (Ketupel) PJTD ke-XXVI, Nyimas Nandita Noeresha Aryan menjelaskan kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini semua peserta diberikan materi dasar jurnalistik selama dua hari dari pagi hingga sore.

“Jadi, PJTD ke-XXVI tahun ini bertajuk pemaparan materi jurnalistik dasar sebagai bekal awal peserta atau dalam hal ini ditunjukkan kepada Calon Anggota LPM Ukhuwah, kegiatannya dilaksanakan dari jam 8 pagi sampai 5 sore selama 2 hari,” jelasnya

Ia mengatakan ada lima dasar yang menjadi penekanan dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik tahun 2024 mulai dari tulis hingga foto maupun video dengan diakhiri kunjungan ke media.

“Kegiatannya terdiri dari pemaparan lima materi yakni Kode Etik Jurnalistik, Fotografi Jurnalistik, Videografi Jurnalistik, Desain Grafis, dan Kepenulisan, ada juga kunjungan media ke TVRI Sumsel dilanjutkan dengan praktek peliputan lapangan,” katanya.

Baca juga: Mengenal Kode Etik Jurnalistik, Materi Pertama dalam PJTD Ke-XVII LPM Ukhuwah

Lebih lanjut, ia menyebutkan setelah memahami materi dasar jurnalistik peserta langsung diminta untuk mempraktekannya sebagai hasil output yang didapatkan selama pelatihan.

Outputnya mungkin dari hasil liputan lapangan perkelompok ada juara disetiap bidang, semua materi penting tapi yang lebih diutamakan itu materi kepenulisan sebagai kemampuan dasar dari seorang jurnalis,” tuturnya.

Wanita yang akrab di panggil Dita berharap semua ilmu yang diberikan oleh pemateri tentang dasar-dasar jurnalistik bisa menjadi di implementasikan ke dalam kegiatan jurnalis nantinya.

“Harapannya agar pembelajaran yang didapat oleh para Calon Anggota ini bisa menjadi bekal mereka dalam mengikuti agenda-agenda berikutnya,” harapnya.

Peserta PJTD, Yola Zakiyyah menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi paling berkesan, karena materi yang diberikan sangat menarik sehingga dapat menambah bekal pada saat di lapangan.

“Selama dua hari ini senang sekali kegiatan PJTD nya nyaman, baik dari lokasi maupun dari konsumsi itu sendiri, kami juga tidak merasa bosan karena selalu ada ice breaking dari kakak-kakak panitia,” sampainya.

PJTD ke-XXVI LPM Ukhuwah UIN RF tahun ini di tutup dengan menonton video After Movie yang berisikan kegiatan peserta PJTD dari hari pertama sampai selesai.

Reporter: Astridda Rochmah
Editor: Putri Ayu Lestari

About Post Author

Putri Ayu Lestari

Mahasiswa Program Studi Jurnalistik tahun 2021 UIN Raden Fatah Palembang
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Mengenal Kode Etik Jurnalistik, Materi Pertama dalam PJTD Ke-XVII LPM Ukhuwah
Next post Kepenulisan Jadi Materi Penutup PJTD ke-XXVI LPM Ukhuwah