Read Time:1 Minute, 37 Second

UIN RF – Ukhuwahnews | Dengan mengangkat tema “Bongkar Fakta Lewat Data,” Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah UIN Raden Fatah Palembang melangsungkan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke XXVI. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Gedung Rafah Tower lantai 2 Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Kamis (03/10/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, dimulai dari Kamis (03/10/2024) hingga Jumat (04/10/2024). Tujuan dari PJTD ini adalah memperkenalkan dunia jurnalistik kepada para Calon Anggota Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah tahun 2024.

Ketua Pelaksana, Nyimas Nandita Noeresha Aryan mengatakan alasan PJTD tahun ini hanya dilaksanakan selama dua hari, karena untuk meminimalisir waktu.

“Karena dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, banyak peserta yang mengeluhkan masalah perizinan kuliah,” ungkapnya.

Baca juga: Mahasiswa Gelar Konsolidasi Akbar, Guna Sampaikan Keluhan Pada Dekan Fakultas FITK

Nyimas menyampaikan hasil yang diinginkan dari PJTD ini adalah sebagai bekal untuk ke depannya bagi para seluruh calon anggota LPM Ukhuwah.

“Harapannya setelah peserta mengikuti PJTD, peserta mendapatkan ilmu terkait jurnalistik untuk diterapkan ketika akan liputan,” harap Nyimas.

Di tempat yang sama, Pemimpin Umum LPM Ukhuwah Wisnu Alfin Nugroho mengungkapkan ada pembeda pada pelaksanaan PJTD tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Teknis pelatihannya dilaksanakan satu hari, dan prakteknya juga satu hari. Ada materi yang disederhanakan, yaitu broadcasting digabungkan dengan videografi jurnalistik, karena sudah mencakup,” ujarnya.

Wisnu juga mengatakan PJTD bukan hanya seminar, karena materi jurnalistik yang diberikan adalah ilmu penting agar dapat diterapkan dalam liputan harian.

“Calon anggota harus menerima ilmunya dengan baik, LPM Ukhuwah mengadakan PJTD untuk melatih mereka agar menguasai skill jurnalistik, tentunya dipandu oleh pemateri yang memang sudah kompeten dan berpengalaman di bidangnya,” tutupnya.

PJTD tahun ini diikuti oleh 50 peserta calon anggota LPM Ukhuwah, dan 1 peserta dari LPM Roeang Suara Palembang, serta dihadiri oleh tamu dari LPM Limas Palembang, LPM Fitrah Palembang, Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) FORMASA, UKMK ARTEA, dan UKMK MAPALA UIN RF.

Reporter: Nabilla Kartika Wiranti
Editor: Marshanda

About Post Author

Marshanda

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post 10 jurusan yang paling disesali lulusannya!
Next post Mahasiswa Gelar Konsolidasi Akbar, Guna Sampaikan Keluhan Pada Dekan Fakultas FITK