Read Time:1 Minute, 14 Second

UKMK – Ukhuwahnews| Unit kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah mengadakan Upgrading Kepenulisan bagi keanggotaannya, Sabtu (12/10/2024).

Lesehan kepenulisan bertujuan untuk meningkatkan skill menulis untuk anggota LPM Ukhuwah. Kegiatan ini diikuti seluruh anggota yang diadakan di Sekretariat LPM Ukhuwah.

Pemateri Upgrading kepenulisan, Wisnu Akbar Prabowo menjelaskan dalam menulis harus parafase, boleh menambahkan namun tidak merubah data dari narasumber.

“Menulis berita Ceremony bisa dirubah selain berita pembukaan suatu acara, bisa seperti ucapan narasumber yang menjadi angle dalam berita,” ungkap Wisnu.

Selanjutnya, Wisnu juga menjelaskan sebelum wawancara, reporter harus melakukan riset terlebih dahulu, seperti membaca buku, jurnal maupun dari beberapa media.

“Buatlah list pertanyaan yang ingin di tanyakan kepada narasumber, dan pahami mengapa mengambil angle beritanya,” jelasnya.

Baca juga: Ajak Mahasiswa Ambil Peran Aktif Dalam Politik, SEMA-U Adakan Sekolah Legislatif

Wisnu juga menyebutkan bahwa menulis berita dahulukan data yang dapat menjawab seluruh angle, bukan dari gelar narasumber.

“Pada saat terjun ke lapangan reporter dapat merubah angle beritanya jika tidak sesuai saat proyeksi, tulis berita yang menarik untuk dibaca oleh masyarakat,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa proyeksi liputan tidak harus di lakukan oleh pemimpin redaksi, dapat juga dilalukan secara mandiri, dengan mencari latar belakang angle berita yang akan di ambil.

“Saat menentukan tulisan berita, reporter dapat mengambil angel berdasarkan kedekatan, konflik, tokoh maupun keunikan dari berita yang akan di angkat,” imbasnya.

Reporter: Astridda Rochmah

Editor: Marshanda

 

About Post Author

Marshanda

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Ajak Mahasiswa Ambil Peran Aktif Dalam Politik, SEMA-U Adakan Sekolah Legislatif
Next post Upgrading LPM Ukhuwah Bekali Anggota Ilmu Fotografi Dokumentasi