Kiprah Sukses UKMK Pramuka Raih Prestasi

Ketua Umum UKMK Pramuka, Ayubhar memegang salah satu piala yang diraih para penerus tunas kelapa di kampus biru UIN Raden Fatah Palembang di Sekretariat UKMK Pramuka, Jumat (11/12/2020). Ukhuwahfoto/Shalsabilla Rinira Putri.

UIN RF – Ukhuwahnews | UIN Raden Fatah Palembang memiliki 18 kegiatan mahasiswa dalam satu payung yang disebut Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK). Pramuka menjadi salah satu bagian dari UKMK UIN Raden Fatah Palembang.

Berdiri sejak tahun 1990, Pramuka UIN Raden Fatah Palembang mendulang prestasi hingga ke taraf nasional. Salah satunya menjadi peserta terbaik pada Perkemahan Wirakarya tahun 1995 di Bengkulu sekaligus mendapatkan hadiah umroh dari Kementerian Agama pada masa itu.

Kesuksesan Pramuka meraih berbagai prestasi tentunya tidak terlepas dari semangat dan tekad kuat para anggotanya. Kerja keras yang diiringi doa juga menjadi faktor keberhasilanya. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pramuka, Ayubhar kepada Tim Ukhuwah.

“Dengan semangat dan tekat kuat, Insyaallah usaha yang dilakukan tidak akan mengkhianti hasil,” ujarnya di Sekretariat UKMK Pramuka, Sabtu (28/11/20).

Tak hanya itu, prestasi lainnya kata Ayubhar, Pramuka sempat menjadi kontingen terbaik dalam Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan di UIN Riau. Selain di bidang kepramukaan, mereka juga sempat meraih juara di bidang sepak bola.

“Sempat juga meraih juara pertama sepak bola antar kampus piala Diesnatalis 2018 dan juara kedua sepak bola Rektor Cup 2018,” imbuhnya.

Menurut Ayubhar juga, untuk mendapatkan prestasi perlu membina diri terlebih dahulu dan mengikuti berbagai kegiatan supaya menambah jam terbang serta pengalaman. “Setelah mampu membina diri, lalu lanjutkan bina satuan dan juga masyarakat,” imbuhnya.

Untuk mahasiswa, dirinya berharap dapat mengetahui bahwa Pramuka tak hanya sekedar bertepuk, bernyanyi, dan berkemah. Di Pramuka, kata Ayubhar, semua aspek kehidupan, minat, bakat apapun juga ada.

“Dari itu semua, kami akan terus konsisten melahirkan kader-kader terbaik untuk kampus UIN pada khususnya,” harapnya.

Tak hanya itu, Susi Mahmuda selaku Ketua Racana Putri UKMK Pramuka mengatakan, adanya kebersamaan setiap anggota menjadi pengaruh positif bagi seluruh anggota lainnya.

“Kebersamaan kami ini memberikan pengaruh positif untuk seluruh anggota. Dan juga kekeluargaan di Pramuka masih sangat terasa, bahkan dengan senior senior alumni 1990an pun sekarang masih nimbrung dengan kami,” sampainya.

Saat ini, UKMK Pramuka sedang menyiapkan diri untuk ikut serta dalam kegiatan Kartika 2021 mendatang. “Kegiatan ini diadakan dua tahun sekali, kini kami sudah mulai menyiapkaanya,” ucapnya.

Dirinya juga mengatakan, UKMK Pramuka sudah mempersiapakan dari jauh-jauh hari ketika akan mengikuti suatu kegiatan supaya dapat maksimal dengan persiapan yang matang.

“Kami mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari supaya persiapannya matang,” pungkasnya.

Reporter: Calon Anggota LPM Ukhuwah (Shalsabilla Rinira Putri, Annisa Meidiani, Solehatun Rodiyah, Muhammad Imron), Bunga Yunielda.

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *