Read Time:1 Minute, 24 Second

UIN RF – Ukhuwahnews | Kepenulisan menjadi materi terakhir dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) XXVI Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang di Auditorium Rafa Tower, Jumat (04/10/2024).

Pemateri Kepenulisan, Yuni Rahmawati dalam pemaparannya menjelaskan terdapat beberapa teknik yang digunakan dalam kepenulisan agar bisa diterbitkan di media online maupun cetak.

“Proses jurnalistik meliputi pencarian, pengolahan, penulisan, dan penyebarluasan informasi kepada publik melalui media massa,” jelas Yuni.

Yuni yang merupakan Jurnalis dari media Nasional Tempo ini mengatakan dalam menulis sebuah berita terdapat beberapa jenis di antaranya Straight news yang menyajikan berita fakta terkini secara langsung dan jelas.

“Straight News adalah laporan peristiwa yang ditulis secara singkat, padat, lugas dan apa adanya. Straight News dibagi menjadi dua, yaitu Hardnews dan Softnews,” katanya.

Baca juga: LPM Ukhuwah Kenalkan Videografi Jurnalistik ke Peserta PJTD

Ia menyampaikan dalam struktur berita mempunyai bagian yang merangkum informasi utama, memberikan klarifikasi tentang peristiwa yang dilaporkan, dan sering kali menyiratkan implikasi atau langkah selanjutnya terkait isu.

“Struktur berita meliputi judul berita mewakili seluruh isi berita, yang harus dibuat secara ringkas, padat dan jelas. Kepala berita atau lead adalah bagian yang berisi informasi utama dari keseluruhan berita,” sampainya.

Lebih lanjut, ia menuturkan dalam isi berita dapat menyampaikan isu yang sudah didapatkan dari narasumber untuk mendukung informasi, hingga menuliskan liputan yang menyampaikan cerita secara jelas dan informatif dengan diakhiri tambahan rangkaian lainnya.

“Tubuh berita bagian dari isi berita yang berisi penjabaran dari kepala berita, tubuh berita biasanya merinci, ekor berita bagian penutup berita yang berisi kesimpulan dari suatu kejadian atau peristiwa ini juga bisa digunakan sebagai penambah berita,” tuturnya.

Reporter: Oktavia Rhamadhona dan Selo Obrian
Editor: Putri Ayu Lestari

About Post Author

Putri Ayu Lestari

Mahasiswa Program Studi Jurnalistik tahun 2021 UIN Raden Fatah Palembang
Happy
Happy
67 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
33 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Sukses Besar, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ke-XXVI LPM Ukhuwah Selesai