Read Time:1 Minute, 53 Second
Penampilan Drama Perjuangan Rakyat Palestina, oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Pramuka di depan Perpustakaan Kampus Jakabaring, Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Selasa (22/10/2024). Ukhuwahfoto/Rindang

UKMK – Ukhuwahnews | Sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) turut memeriahkan kegiatan EXPO Kemandirian Pesantren 2024, yang diselenggara depan halaman Perpustakaan Kampus Jakabaring, Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, Selasa (22/10/2024).

Rektor UIN RF, Nyayu Khadijah mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk memperingati hari Santri, dalam mewujudkan sinergi antar perguruan tinggi dengan pesantren di Sumatera Selatan.

“Peringatan hari santri sudah menjadi ajang kerjasama antar pesantren dan dunia pendidikan tinggi islam, dengan dimeriahkan panggung gembira santri dan pertunjukan bakat dari Mahasiswa,” ungkap Nyayu.

Di tempat yang sama, Koordinator Acara Anita Trisiah mengatakan kegiatan ini akan menampilkan empat UKMK diantaranya UKMK Silat, UKMK Pramuka, UKMK Teater, UKMK Mahasiswa Musik Kampus Religi (MMKR) serta mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM).

“Beberapa UKMK tersebut akan di tampilkan secara bertahap, mulai dari tanggal 22-25 Oktober 2024,” katanya.

Salah satu UKMK yang tampil hari ini yaitu Pramuka yang mempersembahkan drama Perjuangan Rakyat Palestina melawan tentara Israel.

Pemangku Adat Ambalan, Wantri Novita sebagai penanggung jawab drama menjelaskan, kalau pengambilan tema ini untuk mengajak umat muslim supaya lebih tau tentang keadaan di Palestina serta bagaimana perjuangan mereka menghadapi tentara israel.

“Di Palestina itu setiap hari selalu ada yang meninggal, jadi lewat drama ini saya ingin umat muslim untuk tau dan dapat mendukung saudara kita di sana,” jelasnya.

Baca juga: Ajak Mahasiswa Ambil Peran Aktif Dalam Politik, SEMA-U Adakan Sekolah Legislatif

Wantri mengatakan ada banyak kendala dalam menyiapkan drama ini, mulai dari waktu yang sebentar hanya dua hari latihan, anggota yang tidak bisa hadir, serta yang datang terlambat. Namun ia juga senang dengan hasilnya.

“Persiapan yang sangat sebentar namun adanya semangat dari para anggota baru, jadi bisa menampilkan drama ini dengan baik,” ucapnya.

Ia juga berharap, UIN RF dapat mengajak lagi para mahasiswa hadir di acara peringatan santri dan ikut memeriahkan kegiatan yang telah di selenggarakan.

“Saya kira dengan mengundang 20 Pondok Pesantren akan ada banyak yang menonton, ternyata sepi bahkan dari mahasiswa saja itu sangat sedikit, semoga bisa di tingkat kan lagi ajakan untuk mahasiswa,” tutupnya.

Reporter: Rindang
Editor: Marshanda

About Post Author

Hanifah Asy Syafiah

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Upgrading LPM Ukhuwah Bekali Anggota Ilmu Fotografi Dokumentasi
Next post Hari Santri 2024, UIN RF Adakan Expo Kemandirian Pesantren