Hari Pertama PJTD, Nefri Inge : Kode Etik Acuan Di Dunia Jurnalistik

Narasumber saat menjelaskan materi kode etik jurnalistik kepada peserta Pendidikan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke-XXV di Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Rabu (27/09/2023). Ukhuwahfoto/Putri Sasmita.

Palembang – Ukhuwahnews | Kepala Bidang Organisasi dan Pendidikan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang, Nefri Inge mengenalkan tentang kode etik jurnalistik kepada peserta Pendidikan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) XXV.

“Kode etik adalah acuan moral yang mengatur tindak-tanduk seorang jurnalis dalam menjalankan tugasnya di dunia jurnalistik,” ujarnya saat memberikan materi di Gedung Fakultas Tarbiyah Kampus A UIN RF.

Kemudian, Inge juga menegaskan bahwa jurnalis bertugas menyampaikan informasi yang konkrit dari narasumber kepada masyarakat.

“Selain kode etik jurnalistik, ada juga sembilan elemen jurnalistik yang harus menjadi pedoman bagi seorang jurnalis dalam bertugas,” katanya Senin (25/09/2023).

Di tempat yang sama, salah satu peserta PJTD XXV, Rizqya Amalul Husna mengatakan bahwa kini dirinya jadi lebih tau tentang dunia jurnalistik.

“Banyak hal yang baru saya pahami setelah mendengarkan materi tadi, hal-hal yang membuat saya penasaran, sekarang sudah terjawabkan,” ungkapnya.

Selain itu, Rizqya juga berharap dirinya bisa lebih berkembang setelah mengikuti PJTD ke-XXV ini.

“Seneng banget bisa ikut, saya berharap semoga tahun depan bisa jadi seseorang yang berani berbicara di depan banyak orang seperti kakak yang menjadi pemateri tadi,” tutupnya.

Baca Juga: Raih Predikat Lulusan Terbaik, Nurul PAI UIN RF: Demi Orang Tua

PJTD ke XXV ini berlangsung selama empat hari terhitung dari hari ini sampai Jumat (29/09/2023) mendatang. Terdapat enam materi yang disajikan dalam kegiatan ini, yaitu Kepenulisan, Kode Etik Jurnalistik, Fotografi, Desain Grafis, Videografi dan Broadcasting.

Selain materi kepenulisan, di hari pertama ini juga diadakan materi Fotografi yang diisi oleh seorang freelance photojournalist, Abriansyah Liberto.

Reporter: Hanifah Asy-Syafiah
Editor: Imelda Melanie AgustinReporter: Hanifah Asy-Syafiah Editor: Imelda Melanie Agustin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *