Hadirkan Founder Kabar Sumatera, Peserta Diklatsarjur Latihan Dasar Kepenulisan

Founder Kabar Sumatera, Imron Supriyadi menjelaskan materi dasar kepenulisan pada Diklatsarjur ke-XXIII di Auditorium Rafah Tower. Rabu, (22/9/21). Ukhuwahfoto/M. Luthfi Septorio

UIN RF – Ukhuwahnews | Hari kedua Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik (DIKLATSARJUR) ke-23 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah UIN Raden Fatah (UIN RF) Palembang menghadirkan Founder Kabar Sumatera, Imron Supriyadi sebagai pemateri Dasar Kepenulisan Jurnalistik. Rabu, (22/09/2021).

Pada materinya ia menyampaikan, seorang jurnalis harus menulis sesuatu berdasarkan fakta dan tidak menulis hal yang berbau fiksi.

”Fakta adalah segala sesuatu yang bisa ditangkap oleh panca indera, bukan hanya theater of mind  atau sekedar imajinasi,”  jelasnya di Auditorium Gedung Rafa Tower UIN Raden Fatah Palembang.

Ia juga menambahkan, kemampuan seorang jurnalis tidak dilihat dari siapa yang lebih lama di suatu media, tapi dari karya yang dibuat.

“Ukuran terbaik seorang jurnalis bukan hanya atribut wartawan yang lengkap, tapi dilihat dari karya yang dibuat,” tuturnya.

Pada materi dasar kepenulisan, peserta melakukan praktek peliputan. Salah satu peserta Diklatsarjur ke-XXIII sedang pratek wawancara dan menulis berita dengan teman di sampingnya. Rabu, (22/9/21). Ukhuwahfoto/M. Luthfi Septorio

Selain memaparkan materi, Imron Supriyadi juga memberi kesempatan kepada peserta Diklatsarjur untuk praktek menulis dan membedah tulisan tersebut.

“Ketika menulis alamat, diambil dari lingkup kecil lalu meluas, dalam penulisan singkatan harus dituliskan kalimat penjelas baru ditulis singkatannya. Karena, tidak semua masyarakat tahu akan singkatan tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta Imelda Melani dari Jurusan Ilmu Komunikasi mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya yang baru memulai mendalami ilmu kepenulisan jurnalistik.

“Sangat menarik karena kita diajarkan teknik penulisan yang baik dan benar. Semoga kegiatan terus berjalan dengan lancar serta bermanfaat bagi peserta kedepannya,” tutupnya.

Reporter : Bagus Rizki
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *