Direktur Kreatif Mata Kamera Ajak Peserta DIKLATSARJUR Pahami Kaidah Jurnalistik

Foto bersama peserta dengan Ary Priyanto, Direktur Kreatif Mata Kamera Palembang dalam acara Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik LPM Ukhuwah di Ruang Seminar Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah. Kamis, (23/9/21).
Sumber foto: Doc Ukhuwah

UIN RF – Ukhuwahnews | Melanjutkan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Jurnalistik (DIKLATSARJUR) dua hari sebelumnya, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah menghadirkan Direktur Kreatif Mata Kamera Palembang, Ari Priyanto sebagai pengisi materi videografi jurnalistik.

Setelah sebelumnya menggunakan Rafa Tower, kali ini kegiatan diadakan di Ruang seminar Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Kamis, (23/9/21).

Dalam materinya, Ary mengajak para peserta DIKLATSARJUR untuk teliti mengola data dan memahami kaidah jurnalistik.

“Seorang video jurnalis harus memahami kaidah jurnalistik, memiliki kemampuan mengolah data lapangan,” paparnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan video jurnalis harus lebih banyak mengandalkan teknik dasar frame.

“Seorang video jurnalis harus mampu memahami teknik dasar pembingkaian serta harus menyajikan informasi yang jelas,” katanya.

“Video jurnalistik lebih sedikit menggunakan transisi agar lebih stabil dalam pengambilan angle, data yang diambil berdasarkan fakta sebenarnya,” sambungnya.

Setuju dengan pendapat Ary, Ketua Pelaksana DIKLATSARJUR, Ilham Panutan mengatakan materi ini sudah sangat sesuai dengan para peserta yang akan terjun ke dunia jurnalistik.

“Materi ini memang dikhususkan untuk para calon Junalis muda. Harapan saya semoga dengan hadirnya mas Ary, kalian mampu memahami apa dan bagaimana kaidah video jurnalistik,” katanya.

Sementara itu, salah satu peserta DIKLATSARJUR, Agnes Dara Trisna mengaku penyampaian yang dilakukan pemateri mudah dimengerti.

“Asik, yang disampaikan awalnya sekedar tahu berubah menjadi ilmu. Karena sesudah materi kita langsung turun praktik,” katanya.

Ia juga berharap agar suatu saat nanti bisa bekerjasama dengan Ari Priyanto selaku pemateri.

“Terimakasih atas ilmunya, semoga suatu saat bisa bekerjasama dengan beliau,” tutupnya.

Reporter: Dwi Reynaldi
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *