Bincang Foto Bersama PFI, Mengulik Tuntas Photo Story

Doc. Ukhuwah

UIN RF – Ukhuwahnews | Setelah resmi dibuka, Photo Exhibition LPM Ukhuwah dimulai dengan Bincang Foto Mengulik Tuntas Photo Story bersama Pewarta Foto Indonesia, Evan Zumarli di Auditorium Rafa Tower lt 2. Senin, (13/12/21).

Evan Zumarli selaku pemateri menjelaskan foto jurnalistik berbeda dengan fotografi biasa, foto jurnalistik itu lebih mengungkapkan data yang dilegitimasi oleh publik serta mengandung unsur 5W+1H.

“Foto biasa yang sering kita temui, berbeda dengan foto jurnalistik yang lebi mengungkapkan isi data yang dilegitimasi oleh publik. Yang lebih utama dalam unsur 5W+1H ialah unsur how yang menceritakan kronologis kejadian objek foto yang pada dasarnya dilengkapi dengan fakta dari visual maupun audio,” ujarnya.

Lebih lanjut, pria yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Sriwijaya tersebut menegaskan, bahwasanya dalam terjun kelapangan untuk membuat photo story meliputi dua hal, yaitu dari pengamatan hingga investegasi.

“Pengamatan ini akan mengungkapakan data identitas dari objek, maksudnya kita dapat mencari siapa yang kita ambil ceritanya, apa yang akan kita ceritakan, lalu investegasi untuk mengetahui latar belakang dan menelusuri lebih mendalam dari objek yang diceritakan,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga mejelaskan langkah-langkah dalam membuat photo Story “dapat kita ketahui mengenai langkah-langkah dalam foto story, pertama kita menentukan topik, riset, perencanaan, latar, sikap terhadap narsum, hingga ke editing dan pemilahan foto serta layout,” ujarnya.

Terakhir, Ia mengungkapkan Foto Jurnalistik ini terbagi menjadi dua, Foto Essay yang bersifat pengkhususan dan Foto Story yang lebih bersifat global yang dapat dilakukan secara berhari-hari, berbulan-bulan maupun hingga bertahun-tahun.

Reporter: M. Reza Arya
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *