Bahas Artikel, Dieqy Hasbi Widhana: Strategi Hadapi Narasumber

UIN RF- Ukhuwahnews | Redaktur Pelaksana Tirto.id Dieqy Hasbi Widhana dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) 2021 membahas mengenai artikel dan strategi hadapi narasumber, Jumat (15/1/21).

Saat mejelaskan materi, Dieqy mengatakan sebelum kelapangan untuk meliput berita, seorang jurnalis perlu mempersiapkan strategi untuk menghadapi narasumber.

“Kita sebagai jurnalis harus memperkirakan siapa narasumber yang penting untuk naska itu dan mengatur pola pertanyaan, sering kali narasumber yang didapat tidak bisa membentuk kalimat panjang,” katanya.

Selain itu, Dieqy juga menyampaikan bahwa jurnalis juga harus memiliki pembendaharaan kata yang baik dan mendedikasikan diri sebagai teman cerita.

“Untuk membuat orang itu mau cerita, seorang jurnalis harus membuatnya nyaman dan punya referensi kata yang bisa diambil dari Thesaurus,” jelas Dieqy.

Dieqy juga bicara mengenai seorang jurnalis yang dia sukai dengan gaya kepenulisan unik.

“Salah satu jurnalis yang saya suka yaitu, Lilian Rose dia punya banyak sekali tipe pengutipan, kalau di Indonesia yang sering memainkan pola semacam itu Linda Christanty,” ujarnya.

Tak hanya menyampaikan materi, Dieqy juga memberikan tugas menulis artikel mengenai Daerah Sumatera Selatan yang di kumpulkan hari itu pukul 14.45 WIB.

“Untuk tugasnya, kalian bisa mengambil data dari internet tapi jangan lupa dengan pengutipannya yang sudah di jelaskan tadi,” ucap.

Pada sesi kedua artikel yang di kirimkan peserta pun di koreksi, ada 5 artikel pilihan panitia yang di koreksi yaitu, Melati Arsika, Wliyan Gusthof, Khemiring, Laili Ayu dan Wan Ecika

Reporter: Bunga Yunielda

Editor: Rezzy Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *