Adakan PJTLN, LPM Ukhuwah Kenalkan Jurnalisme Data

Doc. LPM Ukhuwah

UIN RF – Ukhuwahnews | Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah UIN Raden Fatah Palembang adakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) 2021, dengan tema Jurnalisme Mahasiswa Digital (JUMADI) dan kenalkan jurnalisme data secara daring yang diikuti oleh berbagai Pers Mahasiswa (PERSMA) dari berbagai kampus di Indonesia.

Ketua Pelaksana PJTLN, Astri Agustin menyampaikan JUMADI adalah Jurnalisme Mahasiswa Digital dimana membahas cara mendapatkan data sesuai dengan etika dan aturan yang telah ditetapkan dalam kode etik Jurnalistik.

“Jurnalisme Data sendiri tidak asing lagi di kehidupan saat ini, jadi sebagai kaum milenial dan pers kampus kita wajib mengetahui apa itu jurnalisme data sebenarnya. Apalagi sekarang banyaknya pengambilan data tanpa harus terjun ke lapangan secara langsung,” jelasnya saat diwawancarai via WhatsApp.

Astri juga menambahkan, kegiatan PJTLN kali ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 16 Januari 2021 secara daring karena peraturan pemerintah yang tidak mengizinkan tatap muka mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung.

“Karena pandemi masih berlangsung jadi kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, dirasa aman dan dapat menghindari kerumunan serta mengikuti standar protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu, Mardiana peserta PJTLN asal LPM Al-Kalam mengatakan, kegiatan PJTLN yang diadakan LPM Ukhuwah ini memberikan ilmu dan manfaat bagi peserta.

“Acara ini sangat luar biasa sekali, selain menambah wawasan ilmu untuk menjadi modal sebagai seorang Jurnalis, peserta juga dapat saling silaturahmi dan tidak takut untuk berpendapat karena banyak teman Jurnalis lainnya jadi kita tidak sendiri,” ujarnya.

Selain itu, Mardiana berharap dengan adanya kegiatan ini Pers Mahasiswa dapat mengurangi tersebarnya berita hoaksyang beredar.

“Harapan saya dengan mengikuti PJTLN mampu menjadi seorang Jurnalis yang dapat meminimalisir berita-berita hoaks di luar sana yang merusak generasi kita, dan juga untuk saya sendiri bisa menyampaikan ilmu baru kepada teman-teman yang ada di LPM Al-Kalam,” harap Mardiana.

Acara PJTLN ini diadakan pada tanggal 14 – 16 Januari 2021 melalui aplikasi zoom.

Reporter: Duta Andini
Editor: Rezzy Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *