UIN RF Berikan Tiga Opsi KKN di Masa Pandemi

Dosen pembimbing (tengah) memberikan arahan kepada mahasiswa yang mengikuti KKN 73 di Daerah Lahat. Foto: IST.

UIN RF – Ukhuwahnews | Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang tetap melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di masa pandemi Covid-19. Solusi yang diambil petinggi UIN RF berupa tiga opsi dalam pelaksanaan KKN 2020.

“Tiga opsi tersebut berupa KKN dari rumah (KKN DR), KKN Kerja Sosial (KKN KS) dan KKN Kesehatan,” ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Sefriyeni saat diwawancarai, Senin (15/06/2020).

Dia menjelaskan, kalau KKN DR dan KKN KS diambil sesuai surat edaran dari Direktorat Pendidikan Islam (Diktis). “Sedangkan KKN Kesehatan ditambahkan ke dalam opsi untuk prodi kesehatan dalam membantu para medis di daerah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, untuk KKN KS disebut juga KKN Relawan. KKN tersebut meliputi kerja sosial yang berbentuk relawan. Mahasiswa menjadi relawan kelurahan atau kecamatan di daerah masing-masing, baik desa ataupun kota.

“KKN relawan ini menjadi opsi karena UIN RF termasuk anggota Forum Perguruan Tinggi Tingkat Desa (Fertides). Selain itu, Kementerian Desa juga telah mengeluarkan edaran terkait relawan desa,” imbuhnya.

Untuk mengikuti KKN Relawan, kata dia, mahasiswa perlu melapor ke pihak UIN RF. “Mereka harus melapor terlebih dahulu untuk dinyatakan sah mengikuti kegiatan,” katanya.

Menanggapi hal itu, Mely Andini, Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Jurnalistik mengatakan, tidak menjadi masalah jika KKN ke-73 dilakukan dengan tiga opsi.

“Kalau menurut saya, tidak ada masalah KKN tahun ini, tergantung dari diri kita yang menjalankannya bagaimana. Hanya saja balik lagi, kesannya pasti beda antara KKN di desa sendiri dengan KKN yang semestinya,” jelasnya saat diwawancarai melalui pesan singkat.

Dia juga berharap untuk KKN ke-73 ini berjalan dengan lancar dan tidak ada  miskomunikasi dalam menjalankan tugas.

“Harapannya yang pasti KKN ini lancar. Dan untuk yg KKN Dari Rumah khususnya. Semoga tidak ada miss komunikasi sama Dosen pendamping lapangan dan teman-teman KKN Dari Rumah lainnya dalam menjalankan tugas,” pungkasnya.

Reporter: Aisyah, Aidil Iksan
Editor: Rezzy Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *