Tips Ujian Masuk Perguruan Tinggi

google image

Penulis : Ira Nurmaniar (Anggota LPM Ukhuwah)

Hai Sahabat Ukhuwah, gimana nih sudah punya rencana belum mau kuliah dimana. Seperti yang diketahui semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah membuka beberapa jalur tes untuk calon mahasiswa di seluruh Indonesia, tak terkecuali UIN Raden Fatah Palembang. Ada beberapa faktor agar kalian bisa lulus masuk PTN harapan kalian, salah satunya ada pada tips dibawah ini. Nah kali ini kita akan membagikan tips agar bisa kalian coba sebelum melaksakan ujian tertulis masuk UIN Raden Fatah. Berikut tips yang bisa kamu lakukan.

1. Memperbanyak referensi bacaan

Ya benar, kalian harus banyak membaca. Ada yang mengatakan jendela dan gerbang ilmu adalah dengan cara baca buku. Pelajari materi yang kira-kira keluar dalam ujian, fungsinya agar kamu fokus dalam belajar.

2. Keep pratice (Latihan terus)

Kamu harus menaikkan semangat belajar dan terus latihan. Ingat sekali kalian bermalas-malasan maka seribu pesaing kamu sedang melangkah kedepan. Pastinya gak mau dong kalah langkah sama peserta lain. Rasa malas belajar sering kali menghampiri, tapi setiap usaha yang kamu lakukan pasti membuahkan hasil.

3. Belajar dari soal-soal sebelumnya

Fungsinya memberikan kalian gambaran tentang tingkat kesulitan soal apa saja yang muncul dan seperti apa tipe soal yang akan kamu kerjakan nanti. Bahkan sesekali soal yang kalian pelajari ini akan muncul kembali di ujian tertulis masuk PTN.

4. Kerjakan soal dengan cepat dan benar

Ketika hari berlangsungnya tes, maksimalkan untuk mengerjakan soal-soal yang menurut kamu mudah terlebih dahulu. Fungsinya agar tidak membuang waktu ketika berkutik dengan soal yang susah saja.

5. Jangan sering membuka media sosial

Terakhir, kurangi berkutat dengan sosial media. Tanpa kita sadari kegiatan bersosial media hanya akan memakan waktu kita dengan pekerjaan yang tidak bermanfaat. Alangkah baiknya waktu tersebut kita gunakan untuk belajar. Bijaklah membagi waktu memainkan sosial media kalian guys.

Itulah beberapa tips versi Ukhuwahnews jika kamu memang ingin lulus dan masuk Perguruan Tinggi yang diinginkan usahakan mempersiapkan segalanya mulai dari sekarang. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan terus berlatih, jangan lupa untuk terus berdoa. Tidak ada usaha yang menghianati hasil. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *