Tips dan Trik Menjadi Mahasiswa Baru Berprestasi

Ilustrasi wisuda mahasiswa. Sumber: Pixabay/ihsanadity

Hai, Sahabat Ukhuwah! Bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja, ya! Apakah kalian sudah siap mengikuti kegiatan belajar mengajar semester ganjil yang sudah ada di depan mata?

Bagi kalian yang mahasiswa baru, pasti Kamu ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi, kan? Walaupun kuliahmu masih dilakukan secara daring, Kamu tidak perlu khawatir! Karena mau bagaimanapun metode belajarnya, Kamu masih bisa meraih prestasi yang gemilang.

Melansir webinar bertajuk Special for Maba yang diadakan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Refah, berikut adalah tips dan trik menjadi mahasiswa yang berprestasi:

1. Menerima dahulu bila telah kuliah

Bersyukurlah ketika kamu dapat melanjutkan kuliah, baik di kampus manapun. Dengan begitu, Kamu akan dapat lebih nyaman dalam melaksanakan kegiatan perkuliahanmu.

2. Menetapkan tujuan

Tujuan dalam perkuliahan dapat dibagi menjadi 2 (dua), yakni tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Contoh sederhana tujuan jangka pendek adalah pencapaian nilai IPK. Namun, tujuan jangka pendek tidak hanya berfokus pada nilai saja, tetapi juga bisa seperti menjadi relawan, mengikuti organisasi atau komunitas dan berkeinginan untuk bisa membayar uang kuliah tunggal (UKT) sendiri.

Sedangkan tujuan jangka panjang dapat berupa persiapan diri untuk memasuki dunia kerja, seperti lulus cumlaude, bisa bekerja di instansi impian, atau melanjutkan pendidikan strata 2 (S2) dengan beasiswa.

3. Menyusun Strategi

Hal ini dilakukan supaya jalan kita terarah dan tahu langkah apa yang akan diambil. Meskipun demikian, tidak semua langkah bisa diambil dengan mudah. Dengan adanya strategi, Kamu bisa meraih targetmu dengan lebih baik.

  • Pakai gaya belajar yang cocok

Gaya belajar yang cocok memungkinkan Kamu bisa lebih mudah dalam memahami suatu materi pembelajaran, loh! Kenali diri sendiri terlebih dahulu seperti apa metode, tempat dan waktu belajar terbaik untuk diri sendiri. Misalnya belajar sambil mendengarkan musik, mencatat setiap materi atau menonton dari video pembelajaran. Dengan cara ini kita bisa tahu cara mana yang membuat kita mampu menyerap materi tersebut.

  • Siapkan diri sebelum kuliah

Pertemuan pertama itu biasanya dosen selalu menyampaikan silabus. Kemudian mahasiswa harus bisa menyesuaikan dengan silabus yang telah diberikan dosen dan juga mempelajari materinya. Selain itu, cobalah untuk mengobrol dan bertanya dengan kakak tingkat mengenai mata kuliah yang kurang dimengerti.

Lalu, kenali dosen. Nah, setiap dosen memiliki karakter yang berbeda dan mereka tidak bisa menyesuaikan karakter tersebut dengan jumlah mahasiswa yang ada di kelas. Maka dari itu cobalah untuk mengenali karakter dosen bersangkutan misalnya dosen tersebut tidak suka telat berarti jangan telat pada saat mata kuliahnya.

  • Jangan segan untuk bertanya!

Biasanya kita malu untuk bertanya saat kelas sedang berlangsung. Kali ini, jangan biasakan untuk menyisakan pertanyaan di kepala. Ambillah kesempatan Kamu untuk bertanya! Karena ketika kita tidak paham suatu materi dan segera melakukan aktivitas lain akan membuat kita lupa dan pertanyaan yang terbesit itu tidak terjawab.

  • Berkarya dan berkompetisi

Karya adalah salah satu senjata yang bisa Kamu jadikan sebagai portofolio yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi yang ada untuk mengukur kemampuanmu, baik di bidang akademik maupun non akademik seperti mengikuti camp, penelitian, seminar, pertukaran pelajar, dan lain sebagainya.

  • Berorganisasi dan bersosialisasi

Sebagai mahasiswa, kita perlu bersosialisasi baik dengan sesama mahasiswa maupun dengan lingkungan sekitar. Salah satu cara mudah untuk membiasakan diri bersosialisasi adalah dengan mengikuti organisasi. Organisasi bisa dikatakan sebagai kebutuhan tambahan bagi mahasiswa. Selain itu, kita juga dapat menjadi relawan supaya bisa merasakan nikmatnya berbagi dan bersosialisasi. Namun, jangan sampai salah memilih organisasi, ya! Daripada Kamu nanti hanya menghabiskan waktumu untuk hal-hal yang kurang Kamu butuhkan.

4. Evaluasi

Kegagalan itu pilihan dan proses untuk tumbuh. Kita harus mencatat apa saja yang menjadi kurang dalam hal apapun. Dengan mencatat kekurangan diri akan memudahkan Kamu untuk memperbaiki diri. Selain itu, pilihlah teman-teman yang mau berjuang dan memiliki visi yang sama dalam belajar.

Itulah beberapa Tips dan Trik menjadi mahasiswa berprestasi, khususnya untuk mahasiswa baru, nih! Meskipun demikian, hal yang paling utama adalah harus siapkan mental juga karena terkadang kita tidak sadar bahwa sudah melakukan pertemuan Zoom dari pagi. Ingat! Tugas kita adalah berjuang dan berdoa.

Reporter: Desi Sari Cahyani, Dwi Reynaldi
Editor: Wisnu Akbar Prabowo

Satu tanggapan untuk “Tips dan Trik Menjadi Mahasiswa Baru Berprestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *