Tips Berkendara Aman Demi Menjaga Keselamatan

Ilustrasi kendaraan.
Sumber foto: IST

Hallo sahabat ukhuwah, selamat berakhir pekan. Untuk kalian yang sering berkendara menggunakan kendaraan bermotor, baik beroda dua ataupun empat alangkah baiknya untuk terus berhati-hati ya karena saat ini jumlah kendaraan pribadi di Indonesia terus bertambah.

Namun hal ini tidak sejalan dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Dikutip dari kompas.com tercatat ada 1,9 juta pelanggaran lalu lintas sepanjang tahun 2020 di Jakarta.

Berkenaan dengan hal itu, data dari kepolisian di Indonesia menunjukkan, rata-rata ada tiga kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia setiap jamnya.

Data ini juga menunjukkan penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas karena faktor kesalahan manusia atau human error, seperti mengantuk, belum cakap berkendara, tidak fokus, kelelahan dan sebagainya.

Kendati demikian, menurut data Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, ada beberapa cara untuk menjaga keselamatan berlalu lintas, Yuk, simak tips berkendara dengan aman dibawah ini:

Jaga Jarak Aman
Ilustrasi jaga jarak.
Sumber foto: Nissan Indonesia

Tujuan menjaga jarak antar kendaraan, agar saat terjadi pengereman mendadak pengemudi tidak tertabrak karena masih menyisakan jarak ketika pengereman terjadi. Menurut info dari  Kementrian Perhubungan, jarak minimal dan jarak aman antar kendaraan ialah 15 meter untuk jarak minimal dan 30 meter untuk jarak aman.

Mengurangi Kecepatan
Ilutsrasi kecepatan.
Sumber foto: Liputan6

Dengan mengurangi 10 persen kecepatan selain bisa menjaga keamanan dan keselamatan berkendara, tetapi juga bisa mengurangi tingkat keparahan apabila terjadi kecelakaan.

Menggunakan Helm
Ilustrasi menggunakan helm.
Sumber foto: Otomoto.id

Menggunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia) dapat meminimalisir resiko terbenturnya kepala apabila mengalami kecelakaan.

Berkonsentrasi Saat Berkendara
ilustrasi oleh: Cintamobil.com

Pengemudi yang berkendara secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain seperti menggunakan handphone dapat mengganggu konsentrasi dan hal ini membuat resiko kecelakaan terjadi makin tinggi.

Hal itu sejalan dengan Peraturan perundang-undangan mengatur tentang hal tersebut. Pasal 283 UU No 22 Tahun 2008 tentang lalu lintas jalan menyatakan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain, atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi akan dipidana dengan kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp. 750.000.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menciptakan keamanan dalam berkendara. Semoga dapat membantu, dan pastikan juga anda mematuhi peraturan lalu lintas agar mencapai keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas.

Baca Juga: Tips dan Trik Menjadi Mahasiswa Baru Berprestasi

Reporter: Ilham Panutan
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *