Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Belajar

Sumber: Ilustrasi/Kompasiana.com

Hallo sahabat ukhuwah, kalian pasti sering merasakan belajar kurang efektif. Sehingga apa yang dipelajari tidak membekas dalam ingatan kalian. Tentunya Belajar merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat terutama pelajar, guru/dosen. Nah, tahukah kalian bahwa setiap orang itu juga memiliki kemampuan untuk belajar, namun tidak setiap orang mampu menerapkan aktivitas belajar yang efektif dan efisien.

Maka dari itu kami memberikan beberapa tips supaya tercipta aktivitas belajar yang efektif dan efisien. Sehingga sahabat ukhuwah dapat menerapkannya disaat belajar. Berikut tips dan trik yang dapat diterapkan:

• Membatasi waktu belajar seperti 1-2 jam saja

Karena jika berlebihan kita akan kesulitan berkonsentrasi dan memahami materi pembelajaran. Tentu saja manusia mudah merasa jenuh dan bosan terhadap aktivitas yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama hal inilah dapat memicu munculnya rasa tidak fokus dalam diri untuk memahami materi yang dipelajari.

• Kurangi begadang

Utamakan untuk selalu tidur lebih awal supaya kita mempunyai lebih banyak energi dan tentunya tidak mengantuk saat belajar dikeesokan harinya. Perilaku begadang juga dapat menimbulkan masalah psikis seperti insomnia, kesulitan mengontrol emosi dan lainya. Maka dari itu, usahakan untuk tidur malam minimal tujuh jam.

Baca juga: Nahkoda Baru 2024, LPM Ukhuwah Resmi Ganti Kepengurusan

• Power NAP atau tidur siang

Usahakan kita tidur siang minimal 30 menit agar tubuh lebih fit. Selain itu tidur siang juga dapat meningkatkan suasana hati, supaya lebih mood lagi untuk belajar dan juga dapat menurunkan tekanan darah.

• Minum air putih yang cukup

Banyak mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan konsentrasi belajar, karena semakin banyak meminum air putih otak kita tidak akan kekurangan cairan dan tentunya akan lebih fokus.

• Jangan makan saat belajar

Jika belajar sambil makan maka konsentrasi yang kita punya akan pecah dan hanya fokus pada makanan saja, itulah mengapa lebih baik menghindari makan sambil belajar bukan hanya membuat tidak kosentrasi, tapi dapat menyebabkan peningkatan risiko tersedak dan gangguan pencernaan.

• Jauhi tempat yang berisik

Belajar di tempat yang ramai bukanlah pilihan tepat, karena jika kita belajar membutuhkan tempat hening dan sunyi agar materi yang dipelajari mudah dipahami. Namun jika kita belajar di tempat ramai, tentu saja kita mudah terdistraksi oleh hal-hal lain.

Reforter : Yuni Tiara Sari
Editor : Marshanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *