Tak Usah Pakai Urat, Ini Tips Belanja Bayar di Tempat

google image

Penulis : Muhamad Firdaus (Pengurus LPM Ukhuwah)

Hallo sahabat Ukhuwah, bagi kalian yang sering melakukan transaksi jual beli melalui marketplace atau pasar online dari gawai kalian di rumah. Alangkah baiknya memahami terlebih dahulu tata cara pembayaran yang kalian pilih, salah satunya Cash On Delivery (COD). Mengapa demikian? Tips ini kami terbitkan karena saat ini marak terjadi protes dari konsumen terhadap kurir yang notabene tidak tahu apa-apa perihal ketentuan sebuah toko. Berikut tips belanja bayar di tempat, atau biasa kita kenal di e-commerce dengan sebutan COD.

1. Pahami Ketentuan Belanja

Sebelum melakukan transaksi, alangkah baiknya kita selaku calon pembeli memahami ketentuan yang dibuat oleh situs jual beli online yang kita pilih. Seperti harga minimal dan maksimal, penyedia layanan logistik yang bekerja sama, dan persyaratan untuk pengembalian barang.

2. Pastikan Track Record Toko

Agar tidak kecewa dengan hasil barang yang datang, pastikan terlebih dahulu penilaian di toko yang kita pilih. Biasanya kepuasan pelanggan lain bisa dijadikan bahan acuan agar kita tidak membeli barang diluar keinginan.

3. Manfaatkan Customer Care

Setiap situs jual beli kebanyakkan menyediakan layanan Customer Care. Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk masalah yang kita alami, biasanya pihak e-commerce akan langsung mengarahkan kita ke laman tanya jawab langsung dengan mereka. Hal ini merupakan salah satu solusi yang pas untuk beberapa masalah, termasuk layanan COD.

4. Pahami Persyaratan Pengembalian

Untuk meminimalisir rasa kecewa terhadap barang yang datang, alangkah baiknya selaku calon pembeli kita memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan pengembalian barang atau return. Agar nantinya kita bisa mengembalikan barang ke penjual, dan bisa diterima oleh penjual.

Nah, itulah beberapa tips yang kami sajikan untuk transaksi bayar di tempat. Semoga tips ini bisa memberikan sedikit solusi untuk kawan-kawan yang ingin melakukan layanan COD, dan tentunya jangan marah-marah ke kang kurir ya karena mereka tidak tahu apa-apa. Kurir hanya sebagai jasa pengantaran barang atau ekspedisi yang digunakan oleh pemilik toko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *