Pusing Setelah Banyak Mengonsumsi Daging? Ini Solusinya

Sumber: Freepik/Stockking

Halo sahabat Ukhuwah tak terasa kita baru saja melewati hari raya Idul Adha atau biasa disebut hari raya kurban. Seperti yang diketahui Idul Adha memang identik dengan daging kurban, biasanya daging sapi dan kambing jadi ciri khas perayaan hari raya kurban ini.

Secara tidak langsung makanan sajian setelah hari raya kurban akan berbahan dasar daging. Baik itu sapi maupun kambing, menggiurkan bukan?

Namun, perlu diingat jika terlalu berlebihan mengonsumsi daging sapi dan kambing anda dapat mengalami pusing atau sakit kepala secara mendadak. Ini disebabkan oleh keracunan daging, alergi, ataupun kelebihan zat besi.

Oleh karena itu, jangan terlalu banyak memakan daging sapi ataupun kambing meskipun saat Idul Adha jumlahnya melimpah. Namun tak perlu khawatir bila anda merasakan pusing yang datang secara tiba-tiba, berikut tips mengatasi pusing tersebut:

1. Minum jahe dan serai

sumber: Jawapos.com

Dalam sebuah penelitian jahe mampu menurunkan kadar kolestrol didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi minuman ini bisa merontokkan sisa daging yang telah dikonsumsi. Selain meningkatkan imunitas tubuh , jahe bisa mengurangi rasa mual dan muntah. Untuk membuatnya, didihkan jahe serta serai yang dicampur dengan air perbandingannya 10 ons jahe, 2 batang serai serta satu liter air. Rebus hingga mendidih jika menyukai rasa manis, tambahkan gula merah tapi penggunaanya jangan terlalu banyak.

2. Makan sayur dan buah

sumber: Halodoc.com

Saat memakan banyak daging imbangilah dengan sayuran dan buah jika merasa pusing atau mual cobalah untuk memakan timun, wortel, kol, tomat, dan kemangi. Jika buah buahan bisa mengonsumsi semangka, pisang , melon dan jeruk.

3. Perbanyak minum air putih

sumber: merdeka.com

Karena daging sapi dan kambing memiliki kandungan lemak yang tinggi menyebabkan pusing kepala mendadak . Maka dari itu minumlah lebih banyak air putih untuk menekan kadar lemak tersebut . Selain minum air putih hindari meminum minuman yang tinggi kalori dan juga manis

4. Minum teh hijau

sumber: Alodokter.com

Selain minum air putih yang banyak , teh hijau merupakan pilihan yang tepat . Teh hijau kaya akan antioksidan yang dikenal dapat membantu menetralisir lemak dan menurunkan kolestrol jahat didalam tubuh secara efektif.

Nah, itula beberapa tips yang bisa kalian coba jika merasakan pusing setelah mengonsumsi daging berlebih, semoga membantu yah.

Reporter: Odelia Winneke Putri
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *