Punya Masalah Komedo? Atasi Dengan Cara Ini!

pexels/Sam Lion.

Penulis: Jeniedya (Pengurus LPM Ukhuwah)

Hallo, Sahabat Ukhuwah! Pernah mengalami masalah komedo? Ya, komedo adalah salah satu permasalahan kulit yang sangat meresahkan. Munculnya komedo di wajah dapat menyebabkan wajah tampak kusam dan gelap. Sehingga hal tersebut bisa membuat kita tidak percaya diri dalam melakukan aktivitas.

Dilansir dari hellosehat.com, penyebab utama dari masalah komedo adalah tersumbatnya pori-pori wajah akibat sel kulit mati dan minyak di wajah yang menghambatnya. Hal tersebut juga bisa dipicu oleh hormon, produk yang tidak cocok, dan stres.

Jika pori-pori tersumbat, maka akan muncul benjolan kecil berwarna hitam dan putih yang disebut komedo atau bakal jerawat.

Dikutip dari klikdokter.com, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah komedo dengan mudah. Simak cara di bawah ini ya!

Rutin Mencuci Wajah

Langkah awal untuk menghilangkan komedo yang paling penting ialah dengan rutin mencuci wajah di pagi dan malam hari. Selain pada waktu pagi dan malam, Anda juga harus membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, untuk mencegah terperangkapnya keringat pada pori-pori wajah.

Gunakan Sabun Wajah yang Mengandung Asam Salisilat

Asam salisilat adalah zat yang dapat membantu mengatasi komedo karena dapat menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Tak hanya itu, pembersih wajah yang mengandung asam salisilat juga dapat membantu membersihkan kulit wajah dari kotoran dan minyak yang ada di wajah.

Baca Juga: Menu Sahur Sehat dan Mudah, Rekomendasi Untuk Kaum Kos!

Gunakan Losion Retinoid

Fungsi Losion Retinoid adalah untuk membersihkan sumbatan pada pori-pori di kulit wajah. Maka dari itu, penggunaan losion ini merupakan salah satu cara untuk membersihkan komedo.

Memakai Masker Wajah Secara Teratur

Rutin menggunakan clay mask juga dapat membantu menghilangkan komedo. Clay mask merupakan masker wajah yang terbuat dari tanah yang mampu mengangkat minyak pada wajah. Mungkin sebagian orang memiliki alergi terhadap produk-produk clay mask, oleh karena itu tetap perhatikan kandungan pada produk clay mask yang akan digunakan.

Hindari Tidur dengan Make Up

Sebelum beristirahat, bersihkan terlebih dahulu wajah dari sisa kotoran make up yang masih menempel. Hal tersebut dapat menghilangkan komedo dan membuat wajah terhindar dari komedo yang menumpuk.

Selain itu, Anda sebaiknya tidak menggunakan produk pembersih dalam bentuk scrub. Karena hal tersebut dapat membuat kulit wajah terkelupas. Terakhir, kurangi penggunaan produk kecantikan dan perawatan kulit yang dapat menyebabkan kulit mengelupas. Semoga bermanfaat!

Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *