Panik Saat UTBK? Lakukan Beberapa Tips Ini!

Desain by Aisyah Safitri.

Tips – Ukhuwahnews | Halo Sahabat Ukhuwah! Di bulan Mei ini sudah mulai diadakan ujian tertulis berbasis komputer atau yang sering kita sebut UTBK. Siapa nih Sahabat Ukhuwah yang lagi berjuang untuk masuk universitas impiannya?

Kali ini mimin mau berbagi berbagai tips efektif untuk mejawab soal UTBK. Sebelum itu, gimana nih persiapan yang sudah kamu lakukan? Selain belajar dengan semaksimal mungkin, Sahabat Ukhuwah juga harus menjaga kesehatan ya agar tetap fit dalam mengerjakan soal.

Berikut beberapa cara efektif dalam menjawab soal UTBK!

  • Menjawab soal yang mudah terlebih dahulu

Mungkin  cara ini sudah biasa dilakukan setiap ujian di sekolah, maka dapat pula dipraktikkan dalam menjawab soal UTBK. Dengan menjawab soal yang kita pahami terlebih dahulu, maka kita tidak akan membuang buang waktu begitu saja. Tapi, jangan lupa untuk tidak mengosongkan satu soal pun ya!

  • Mempelajari ulang materi H-2 ujian

Kenapa harus H-2? Karena, H-1 nya kita sudah harus mengistirahatkan otak untuk ujian dihari esok.  Dengan mempelajari ulang, kita bisa mengingat kembali apa saja yang sudah kita persiapkan di jauh hari. Ini cara yang paling penting yaa.

  • Perbanyak belajar soal yang memakai nalar

Soal-soal yang ada di UTBK tidak melulu harus tentang materi. Terkadang, soal yang harus dijawab memakai nalar malah keluar lebih banyak. Maka jangan lupa untuk selalu mengasah nalar kita.

  • Jangan stres dan jaga kesehatan

Sahabat Ukhuwah yang ikut UTBK jangan stres ya! Selalu makan tepat waktu dan jangan lewatkan minum air putih. Poin ini merupakan yang paling penting, karna jika kita sakit sudah jelas tidak bisa ikut ujian. Jadi, tidur yang cukup dan jangan begadang.

Baca Juga: Hati-hati! Kurang Tidur Sebabkan Kerusakan Mata

  • Don’t panic!

Poin yang satu ini harus diperhatikan. Sebagai manusia, pasti punya kepanikan tersendiri yang suka tiba-tiba muncul nih. Gimana sih kak supaya gak panik? Di bawah ini mimin kasih beberapa tips untuk mengatasi kepanikan dalam ujian nanti.

Istirahat yang cukup

Ini harus diperhatikan ya Sahabat Ukhuwah! Jika kita kurang tidur lalu hormon dalam tubuh bisa kacau dan dapat merusak mood saat ujian.

Hindari obrolan yang bersifat negatif

Disarankan untuk selalu berfikir dan mengatakan hal-hal yang positif saja, contohnya dengan memberi semangat untuk diri sendiri dan juga teman yang sedang berjuang bersama. Perbanyak membaca kata-kata motivasi. Dan, hindari berpikir tentang kegagalan sebeluum kamu mencoba.

Melakukan teknik-teknik relaksasi

Sebelum berangkat ujian, olahraga ringan juga bisa dilakukan. Contohnya joging didepan rumah dan senam. Sarapan sebelum berangkat. Lalu, jika panik di dalam ruangan, kamu bisa tarik nafas yang dalam atau memijat beberapa titik ditangan, misalnya bagian ibu jari dan jari telunjuk.

Jangan lupa berdoa

Dalam melakukan sesuatu, kita jangan sampai melupakan untuk berdoa. Karna ridho Tuhan adalah hal yang penting. Selain berdoa sendiri kita juga bisa meminta kedua orang tua untuk mendoakan kelancaran kita. Yaa walaupun kalau gak diminta, pasti bakal di doain sih.

Nah, itu tadi tips menghadapi UTBK untuk Sahabat Ukhuwah yang sedang berjuang. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat ya! Terakhir, untuk para pejuang UTBK semangat untuk kalian semua!

Penulis: Hanifah Asy Syafiah (Pengurus LPM Ukhuwah)
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *