Mau KKN? Yuk Siapkan Diri dengan Beberapa Tips Berikut

ilustrasi: Ukhuwahfoto/Wisnu Akbar

Per Senin, (10/1/22) besok Universitas Islam Negeri Raden Fatah memberangkatkan 2000 mahasiswanya ke berbagai desa di Kabupaten Banyuasin, untuk mengabdi melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-76 kampus biru. Gimana nih sahabat Ukhuwah apa aja yang sudah kalian siapkan untuk KKN, kalau masih bingung berikut beberapa tips yang nantinya bisa kalian terapkan selama menjalani masa abdi di tempat baru.

1. Ubah Kebiasaan Buruk di Rumah

Untuk sahabat Ukhuwah yang sering bangun kesiangan di rumah, malas bersih-bersih dan kebiasaan buruk lain mulai sekarang yuk ubah hal tersebut. Mengapa? Selama KKN kamu akan hidup berdampingan dengan banyak teman-teman yang lain, malu dong kalau masih bangun siang dan malas bersih-bersih nanti teman-teman bakalan ilfil sehingga hubungan antar kalian bisa jadi kurang baik.

2. Belajar Membuat surat, LPJ, dan Proposal

Nah ini menjadi bagian paling penting loh sahabat Ukhuwah, apalagi kalau kamu bertindak sebagai ketua kelompok. Untuk kamu yang belum mahir dalam hal ini, sebaiknya mulai memperbaiki penulisan surat menyurat kamu, karena nantinya selama KKN kamu dan teman-teman akan sering membuat surat menyurat untuk melakukan kegiatan.

ilustrasi: Ukhuwahfoto/Wisnu Akbar
3. Bangun Komitmen Anggota Kelompok

KKN itu sama seperti memulai lembaran hidup baru, iya gak sih? Kamu harus memulai komitmen antar anggota kelompok mulai dari hari-hari awal sampai di posko, misalnya saja jadwal piket masak, cuci piring, dan ronda malam. Hal tersebut harus disiapkan sedini mungkin agar nantinya gak ada cekcok selama menjalankan KKN.

4. Kemampuan Bersosialisasi

Jika membuat surat menyurat menjadi bagian penting, pun dengan yang satu ini. Kamu harus cakap untuk melakukan interaksi bersama teman-teman kelompok dan warga desa, hal tesebut amat penting karena melalui hubungan inilah nantinya mempermudah kamu selama berurusan dengan petinggi desa.

Nah, gimana sahabat Ukhuwah apakah keempat tips tersebut sudah kamu siapkan? Kalau belum silahkan mendiskusikan hal itu dengan teman sekelompok kamu, karena beberapa hal di atas menjadi faktor penting terselenggaranya KKN kalian, selain itu membuat warga desa mengingat hal-hal baik yang kalian tinggalkan.

Penulis: Muhamad Firdaus

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Demi Menjaga Keselamatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *