Lima Tips Jitu Mengatur Keuangan Bagi Anak Kost

Pixabay/istockphoto.com

Penulis: Dona Rama Danti (Anggota LPM Ukhuwah)

Semua permasalahn anak kost tidak lepas dari kesalahan dalam mengelolah keuangan. Sering kali kita sebagai anak kost bingung, bagaimana cara mengatur keuangan agar lebih hemat. Biasanya setelah menerima uang bulanan dari orang tua, kita sering menjadi boros tanpa memikirkan keuangan diakhir bulan.

Jika permasalahan ini terus berlanjut maka kamu perlu mengatur keuanganmu dengan baik, sehingga uang bulan yang dimiliki dapat mencukupi kebutuhanmu selama satu bulan. Berikut ini tips mengatur keuangan untuk kamu sebagai anak kost:

Buatlah anggaran keuangan yang tepat setiap bulan 

Pertama yang perlu kamu ketahui adalah jumlah total pendapatan yang dihasilkan dalam sebulan. Apakah kamu menerima uang dari orang tua atau memiliki penghasilan dari gaji bulanan, agar kamu mengtahui secara pasti jumlah nominal yang diterima setiap bulannya dan pastikan pengeluaran bulanan kamu tidak melebihi pendapatan.

Memasak atau membawa bekal sendiri

Ini adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Jika kamu tinggal di kost, kamu akan terbiasa membuat makanan. Ini juga waktu yang tepat untuk belajar memasak banyak menu. Memasak tidak hanya membuat uang saku kamu lebih aman, tetapi kamu dapat makan sebanyak yang diinginkan jika memasak sendiri. Jika tempat kosan kamu tidak memiliki dapur pribadi, kamu bisa membuat makanan yang mudah di buat seperti memasak nasi sendiri, mie instan yang mempunyai banyak varian rasa, telur, tempe goreng, tahu ,sayur kangkung dan tidak lupa nasi goreng.

Pastikan juga Anda memiliki dan membawa botol air sendiri ke mana kamu pergi. Membawa air minum sendiri dapat mengurangi biaya pembelian air minum kemasan saat kamu keluar.

Baca juga: Asal-usul dan Macam-macam Takjil Terpopuler di Indonesia

Mengurangi aktivitas yang tidak penting

Untuk menghemat uang, kamu perlu menghindari aktivitas yang tidak perlu saat memiliki waktu luang. Misalnya, pergi ke mal atau  tempat yang membuat kamu menghabiskan uang. Lebih baik bertemu teman-teman di kampus, di taman atau di kosan dari pada berkumpul di cafe.

Menabung di setiap awal bulan

Kamu harus selalu melakukan ini, saat kamu jauh dari orang tua. Kamu bisa mendapat untung dengan menabung, uang yang dikirim oleh orang tua harus disisihkan setiap bualannya sebagian untuk mengisi rekening tabungan. Jika terjadi keperluan mendadak, bisa menggunakan tabungan kita tanpa perlu binggung dan merepotkan orang tua. Jika tidak ada buku tabungan di bank. Kamu juga dapat mengumpulkan uang di celengan biasa.

Mencuci baju dan menyetrika pakaian sendiri

Agar lebih hemat sebaiknya mencuci baju dan menyetrika sendiri untuk menghemat pengeluaran baik itu air dan listrik walaupun banyak jasa laundry dengan harga yang murah tetapi jika dihitung tiap bulanya akan jauh lebih hemat jika kita mencuci dan menyetrika sendiri di banding jasa laundry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *