Kiat Menulis Artikel dari Mahasiswa Terbaik UIN Raden Fatah

Ilustrasi : Aisyah Safitri

Siapa yang tidak tahu dengan artikel. Ya, dilansir dari Wikipedia, Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak melalui koran, majalah, buletin dan bertujuan menyampaikan gagasan ataupun fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Sedangkan menurut salah seorang lulusan terbaik Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Fatah Palembang, Nur Khotimah, dasar dari sebuah artikel adalah aktualisasi, fakta dan isu-isu kontroversial. Jika tidak masuk ke dalam kriteria tersebut tidak bisa dikatakan sebuah artikel.

Setelah mengetahui pengertian dari artikel itu sendiri, pasti kita ingin tahu cara menulis artikel yang baik itu seperti apa, sih? Nah, menurut Nur sebuah artikel yang baik itu pastinya dibuat dengan orisinalitas yang baik, tidak meng-copy paste, dan juga tidak mengklaim itu berdasarkan pendapat pribadi, jika memang diambil dari media kita harus mencantumkan sumber media itu ke artikelnya. Selain itu juga, artikel yang baik adalah artikel yang bisa menyampaikan maksud dan tujuan dari isi artikel tersebut kepada para pembaca. Bukan hanya dapat dipahami oleh satu golongan, namun semua orang yang membacanya dapat memahami isi artikel tersebut.

Maka dari itu, perempuan kelahiran tahun 1999 yang juga salah satu Generasi Muda Bank Indonesia (Genbi) tersebut memberikan tips dan triknya agar teman-teman Ukhuwah bisa membuat artikel dengan baik dan benar. Berikut adalah tips dan triknya:

1. Pra penulisan
Yang kita butuhkan ditahap ini adalah ide, referensi dan outline. Ide-ide berasal dari isu-isu yang hangat, hal-hal yang kontroversial yang diangkat dari berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, politik dan lain sebagainya. Referensi di dapat dari sumber jurnal, buku, berita, ataupun wawancara secara langsung kepada narasumber. Outline adalah kerangka tulisan sebelum memulai artikel itu sendiri yang terdiri dari pembukaan, uraian permasalahan, langkah solusi, solusi, kesimpulan dan saran, serta kemudian penutup.

2. Penulisan
Perlu diperhatikan pada tahap ini adalah struktur kebahasaan dan gaya kepenulisan. Dari stuktur kebahasaan kita harus memperhatikan kutipan jangan terlalu kaku seperti berita. Selanjutnya adalah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) harus benar, jangan sampai hal-hal kecil seperti ini kita lupakan hingga mempengaruhi kualitas tulisan kita.

3. Pasca Penulisan
Tahap ini terdiri dari editing, revisi dan evaluasi. Setelah kita menulis kita harus membacanya ulang, sekiranya terdapat kata-kata yang rancu dan tidak sesuai harus direvisi sebelum dikirim ke media ataupun diikutsertakan ke dalam lomba

4. Membangun Perspektif
Perspektif adalah sudut pandang, sudut pandang ini dibangun dari realita atau objektivitas. Jika kita ingin membangun perspektif bukan hanya teori yang kita pegang, namun kita juga harus mengetahui objek yang sesungguhnya. Teori itu bisa tidak sama dengan objek, sehingga kita harus turun langsung ke lapangan agar mengetahui permasalahan itu benar atau tidak dan agar tulisan kita lebih masuk di akal atau tidak, sehingga bisa mempengaruhi pembaca dan bisa bermanfaat untuk pembaca.

5. Orisinalitas
Orisinalitas ini sangat penting dalam membuat sebuah artikel. Dalam menulis artikel kita memang tidak dipungkiri kita bisa mengutip dari sumber-sumber atau fakta-fakta lain, namun tidak semua itu kita bisa copy paste, tetapi juga harus ada dari pemikiran kita. Jadi, caranya itu adalah ‘do your parafrase’. Parafrase itu adalah kesimpulan yang kita baca dan analisis dari kutipan-kutipan atau fakta-fakta yang sudah kita tulis di artikel, sehingga kita bisa menganalisis dan menyimpulkan itu semua menjadi suatu kesimpulan yang baik sebagai penutupnya.

Nah sahabat Ukhuwah, sekian dulu tips dan trik dari kami. Semoga sahabat Ukhuwah bisa membuat artikel dengan baik dan benar sesuai tips dan trik dari Nur Khotimah.

Reporter: Aisyah Safitri
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *