Jaga Kesehatan Mental dengan Cara-cara Berikut

Kesehatan mental. Pixabay/Wokandapix.

Tips – Ukhuwahnews | Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober bertujuan agar masyarakat lebih peduli dan sadar akan pentingnya kesehatan.

Dilihat dari laman resmi WHO, peringatan ini pertama kali digagas oleh Richard Hunter, Wakil Sekertaris Jenderal World Federation for Mental Health (WFMH) pada tahun 1992.

WFMH membawa isu-isu kesehatan mental, serta misi peningkatan pengetahuan dan kesehatan mental dunia.

Tujuan utama dari kesehatan mental sedunia ialah menciptakan suatu bentuk kesadaran pada masalah kesehatan mental, dan mengampayekan kesadaran mental.

Tak hanya itu, tujuan lainnya yaitu melawan stigma sosial bagi para penyidap yang mengalami penyakit mental karena biasa dinilai negatif oleh masyarakat.

Dewasa kini banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita, salah satunya mengelola emosional dalam diri.

Mengutip dari Alodokter, ada tujuh cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Mau tau caranya? Yuk, simak di bawah ini!

Hargai diri sendiri

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu bisa memulai dengan cara menghargai diri sendiri terlebih dahulu, dengan cara melakukan kegiatan positif serta hindari kebiasaan menyalahkan diri sendiri.

Kelola stres dengan baik

Untuk mengelola stres agar tidak berlebihan yang dapat dilakukan yaitu dengan berjalan santai di luar ruangan, menonton film, mendengarkan lagu, dan menulis di buku harian.

Akui perasaan dan emosi negatif

Kebiasaan emosi negatif, seperti sedih, kecewa, dan marah merupakan hal yang normal. Kamu perlu mengenali serta mengakui perasaan negatif yang kamu alami, misalnya dengan bermeditasi.

Baca Juga: Sejarah dan Proses Panjang Batik Hingga Diakui Dunia

Tetapkan tujuan yang realistis

Menetapkan tujuan yang realistis dapat membuat hidup lebih terarah. Target yang ingin kamu capai harus sesuai dengan realistis keadaan pada dirimu sekarang.

Sayangi tubuh sendiri

Faktor yang mempengaruhi kesehatan mental, terletak pada cara kamu merawat dan menyanyangi diri sendiri. Lakukan kebiasaan mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan tidur yang cukup.

Pelihara hubungan baik dengan orang lain

Menjaga hubungan baik dengan orang lain dapat mengatasi stres dan menjaga kesehatan mental. Kamu bisa meluangkan waktu bersama orang terdekat seperti keluarga dan sahabat, untuk mengurangi rasa stres.

Bantu orang lain

Membantu orang lain juga bermanfaat pada diri sendiri, karena dapat membuat hidup kamu lebih baik dan berguna bagi sesama.

Nah, di atas adalah tujuh cara agar kesehatan mental kita tetap terjaga.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia ini, ayo sama-sama kita mengampanyekan kebiasaan hidup sehat.

Penulis: Adrian Sidik
Editor: Jeniedya

4 thoughts on “Jaga Kesehatan Mental dengan Cara-cara Berikut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *