Hati-hati! Kurang Tidur Sebabkan Kerusakan Mata

Pixabay/Phiromya Intawongpan

Halo, sahabat Ukhuwah kali ini mimin mau cerita tentang masalah mata nih. Mata merupakan salah satu organ vital yang penting nilainya, karena manusia dapat memperoleh informasi sebanyak 80% hanya dengan melihat. Namun, jika mata sudah mengalami gangguan, maka akan berakibat sangat fatal bagi kehidupan manusia. Sudah semestinya mata adalah poin utama yang perlu dijaga dalam kesehatan sehari-hari.

Pada umumnya dengan organ mata,kita mempergunakannya dengan hal yang baik seperti melihat hijaunya sawah, kemacetan di jalan, rintik hujan dan burung yang berterbangan di awan. Tetapi, di era milenial seiring kecanggihan teknologi dan internet yang tinggi para manusia dari semua kalangan usia mengalihkan dunia mereka dengan gadget.

Padahal pemakaian ponsel yang berlebihan, tepatnya di frekuensi radio 900-2450 MHz dapat meningkatkan temperatur di lapisan mata sehingga memicu kerusakan kornea mata bahkan bisa membutakan mata.

Lalu apa itu kornea mata?

Dilansir dari Hellosehat.com, kornea mata merupakan jaringan berbentuk kubah transparan yang membentuk bagian mata terdepan atau lapisan pelindung paling luar yang paling senditif. Kornesi sendiri berfungsi mencegah kotoran dan benda asing, serta menyaring sinar UV yang masuk ke mata. Kornea juga dapat mengatur masuknya sinar cahaya agar bisa melihat kata-kata dan gambar secara jelas.

Jadi, apa hubungannya kurang tidur dengan kornea mata?

Dirangkum dari idntimes. com, edisi jurnal Stem Cell Reports, para peneliti mencoba untuk menentukan sejauh mana kurang tidur mempengaruhi sel-sel induk kornea yang dinilai gen dalam epitel kornea tikus. Gen dinilai pada hari ke-2 dan ke-10 menggunakan prosedur sekuensing asam ribonukleat (RNA).

Selama periode ini, tikus menjalani dua hari kurang tidur para peneliti menemukan 287 gen naik dan 88 gen turun di kornea tikus. Kemudian, setelah 10 hari kurang tidur, jumlahnya berubah menjadi peningkatan 272 gen dan penurunan 150 gen. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa kurang tidur menyebabkan penurunan kapasitas antioksidan lapisan air mata.

Setelah 1 dan 2 bulan kurang tidur, para peneliti menemukan bahwa tikus telah mengurangi transparansi kornea dan permukaan mata yang kasar. Defisiensi sel induk limbus atau Limbal Stem Cell Deficiency (LSCD). Artinya, sel induk di mata tikus terus-menerus habis setelah meningkat.

Baca juga: Tolak UU Cipta Kerja dan Upah Murah, Organisasi Buruh Langsungkan Aksi

Berikut ini beberapa perilaku yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki jam tidur kamu

Makan berat sebelum tidur

Cobalah untuk makan pisang, alpukat, kuning telur, dan juga sayuran seperti bayam sebelum kamu ingin tidur. Makanan tersebut bakal menaikkan kualitas tidurmu. Usahakan jangan memakan makanan berlemak, cokelat, serta makanan pedas karena nantinya tidak akan tercerna saat kamu melahapnya beberapa jam sebelum tidur malam.

Matikan lampu sejam sebelum tidur

Sebelum tidur satu jam saja matikan semua gadget, komputer, dan televisi. Ini akan membuatmu lebih rileks dan mengantuk. Selain itu, fokusmu juga tak terpancing untuk melihat sosial media. Kemudian ciptakan lingkungan tidur yang nyaman, seperti redupkan lampu kamar tidur, hindari musik yang terlalu keras di kamar tidur,membaca buku,dan jangan lupa berdoa.

Coba teknik Nap a Latte

Nap a Latte, adalah istilah untuk menikmati kopi, lalu dilanjutkan dengan tidur siang selama 20-30 menit. Dengan demikian, kita akan mendapatkan segala manfaat tidur dan kafein. Setelah tidur siang sekurangnya 20 menit. Kafein akan memberikan energi penuh, setidaknya selama 4 jam ke depan saat kamu bangun. Tapi, pastikan untuk mencoba trik ini sebelum jam 2 siang untuk menghindari kesulitan tidur di malam hari

Latihan pernapasan

Teknik pernapasan 4-7-8 dikenalkan oleh dr. Andrew Weill dari Arizona. Ia menjelaskan, teknik ini sebenarnya terinspirasi oleh yoga, benar-benar sederhana, tak memakan waktu, dan tidak memerlukan peralatan, dr.Weill juga mengklaim bahwa metode tersebut dapat membantu orang mengantuk, bahkan tertidur dalam waktu setidaknya 60 detik.

Pakai kaus kaki

Menurut National Sleep Foundation, menghangatkan kaki sebelum tidur dapat membantu otak mengirim sinyal untuk tidur. Cara menghangatkan kaki yang dianjurkan adalah dengan mengenakan kaus kaki dengan bahan katun.


Itu tadi beberapa rangkaian informasi mengenai mata semoga setelah kamu membaca. Bisa merubahnya dalam kehidupan sehari-hari yaa sampai jumpa.

Penulis: Odelia Winneke (Pengurus LPM Ukhuwah)
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *