Enam Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

google image

Penulis : Annisa Meidiani (Anggota LPM Ukhuwah)

Saat berpuasa, umumnya berat badan cenderung menurun karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Namun sayangnya, terkadang hal tersebut dirusak dengan mengonsumsi makanan berlemak yang kalap di hari Lebaran. Tidak  heran kalau berat badan langsung melonjak setelah merayakan hari raya Idul Fitri.

Gimana nih sahabat Ukhuwah sesudah merasakan fitrinya berlebaran, apakah masalah berat badan kamu sudah kembali membaik. Atau bahkan sebaliknya, kamu malah mengalami kenaikan berat badan.

Tak perlu khawatir, setelah Lebaran kamu bisa mengembalikan ukuran tubuh ramping seperti semula kok. Yuk ikuti cara menurunkan berat badan setelah lebaran.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips diet sehat yang paling umum dan ampuh untuk semua orang adalah mengonsumsi lebih banyak air putih. Pasalnya, air putih bisa membantu menghilangkan lemak di dalam tubuh dan juga bisa mengatasi perasaan lapar. Terkadang, saat tubuh merasa lapar bukan berarti kamu membutuhkan asupan makanan. Dengan minum air putih pun kamu sudah bisa merasa kembali baik-baik saja.

Terlebih lagi setelah menyantap berbagai hidangan bersantan di Hari Raya, pastikan kamu mengonsumsi banyak air putih untuk menghancurkan lemak tersebut yang tentunya bisa menjadi cara menurunkan berat badan setelah Lebaran yang ampuh dan menjadi tips diet alami yang bisa diandalkan.

2. Kurangi Konsumsi Kue Lebaran

Agar tak menyesal di kemudian hari, coba tertibkan dirimu dengan menahan diri dari godaan kue Lebaran yang masih tersisa di meja makan. Biasanya, kue Lebaran baru akan habis sekitar satu hingga dua minggu setelah Lebaran selesai. Namun, demi mengikuti cara menurunkan berat badan setelah Lebaran ini kamu harus kuat-kuat menahan diri dari godaan menyemil tersebut. Sah-sah saja kamu mengonsumsi kue Lebaran tersebut sepuasnya tepat di Hari Raya. Namun, setelah Hari Raya berakhir, pastikan kamu meninggalkan kue Lebaran tersebut agar bisa sukses mengikuti cara menurunkan berat badan setelah Lebaran ini.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Saat berpuasa, biasanya konsumsi sayuran cenderung berkurang. Untuk mengembalikan tubuhmu seperti semula, tips diet sehat yang pasti bisa kamu lakukan dengan mudah adalah memperbanyak konsumsi sayuran. Kalau biasanya kamu mengonsumsi camilan ringan yang dibeli di supermarket mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi sayuran seperti salad sayur untuk menjadi camilan. Jangan pernah lupa juga untuk memperbanyak konsumsi sayuran pada saat makan.

4. Sarapan dengan Oatmeal

Sarapan adalah salah satu tips diet sehat yang tak boleh kamu lewatkan sebagai cara menurunkan berat badan yang cepat dan efektif. Namun, daripada kamu mengonsumsi roti dengan selai cokelat yang penuh lemak, lebih baik ganti menu sarapanmu dengan Oatmeal. Menu Oatmeal ini bisa kamu kreasikan sesuai selera, misalnya dengan tambahan potongan buah favorit dan juga kacang-kacangan. Selain bisa menjadi cara diet ampuh, menu sarapan ini pun juga bisa menjadi menu sarapan sehari-harimu yang sehat. Percaya deh, Oatmeal adalah salah satu makanan untuk diet yang paling favorit dan manjur.

5. Ganti Minuman Soda dengan Jus

Kalau kamu lagi merasa haus dan ingin mengonsumsi minum yang segar, usahakan untuk menahan diri memesan soda atau sirup. Mengonsumsi jus buah segar tentunya akan lebih bermanfaat sebagai tips diet sehat yang bisa kamu lakukan. Selain cara diet alami mengonsumsi jus buah segar setiap harinya juga akan membuat tubuhmu lebih sehat dan bugar.

6. Berolahraga

Sudah bukan hal yang mengagetkan lagi bahwa di bulan Ramadan berolahraga merupakan aktivitas yang bisa dibilang jarang sekali dilakukan. Makanya, demi mendapatkan tubuh yang kembali seperti semula, usahakan untuk kembali berolahraga. Tips diet sehat yang satu ini sangat mudah dilakukan dan juga bisa membantumu mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Kalau kamu rutin berolahraga, pasti cara menguruskan badan yang efektif satu ini bisa memberikan hasil yang maksimal di tubuhmu.

Nah, itulah beberapa cara menurunkan berat badan setelah Lebaran. Semoga bermanfaat ya sahabat Ukhuwah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *