Catat, 6 Hal Ini Bisa Buat Bangun Pagi Anda Menjadi Bugar

Ilustrasi: Kompasiana

Hallo Sahabat Ukhuwah, apakah kalian pernah merasakan lelah ataupun lemas ketika bangun pagi. Rasa ngantuk yang masih melekat membuat tubuh kita tidak segar untuk bangun, apalagi untuk beraktivitas.

Ternyata hal ini disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang salah sebelum tidur. Seperti dikutip dari Halodoc pada Minggu (12/9) bahwa kebugaran bangun pagi dipengaruhi oleh kebiasaan sehat yang harus dijaga sebelum tidur.

Nah kebiasaan apa saja yang membuat tubuh kita malas, berikut hal yang harus diperhatikan agar bangun pagi anda bisa menjadi bugar:

Matikan Alat Elektronik

Ilustrasi: Salam online

Terkadang pengaruh dari alat elektronik berpengaruh besar pada kualitas tidur. Alat elektronik seperti gadget, TV, dan lainnya ternyata mempengaruhi stimulasi kognitif pada otak.

Lalu cahaya dari alat elektronik tersebut juga menyebabkan produksi hormon melatonin melambat. Hormon yang fungsinya mengatur jam tidur biologis anda akan terganggu akibat cahaya dari alat-alat elektronik tersebut. Oleh sebab itu bermain gadget sebelum tidur membuat kita malah susah untuk tidur.

Tidak Dianjurkan Makan Sebelum Tidur

Ilustrasi: Liputan6

Kualitas tidur anda juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang anda makan sebelum tidur. Meskipun tidak dilarang secara ketat, akan tetapi makanan seperti pizza, sereal manis, cokelat manis, kafein, bahkan minuman bersoda sangat tidak dianjurkan dikonsumsi sebelum tidur.

Hal ini karena tubuh anda akan fokus untuk mencerna makanan dibandingkan beristirahat. Jadi sangat dianjurkan untuk makan paling tidak dua jam sebelum tidur.

Dianjurkan Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Tidur

Iluastrasi: Kagama

Minum segelas air putih sangat dianjurkan bagi tubuh sebelum tidur. Hal ini untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas serta membuang racun didalam tubuh. Minum air putih sebelum tidur juga membuat tidur lebih nyenyak.

Setelah bangun tidur juga sangat dianjurkan bagi anda untuk meminum segelas air putih. Selain menghilangkan rasa haus setelah tidur, juga bisa untuk membuang racun dalam tubuh.

Ciptakan Lingkungan Tidur Nyaman

Ilustrasi: Freepik

Kualitas tidur yang nyaman sangat dipengaruhi dari lingkungan tempat anda tidur. Pastikan tempat tidur anda senyaman mungkin bagi anda, seperti menggunakan lampu tidur, mengatur suhu kamar, mematikan TV, menjauhkan gadget, dan hal lain yang membuat anda nyaman.

Olahraga Ringan Ketika Bangun

Ilustrasi: I stock Foto

Meskipun telah melakukan hal diatas, bukan berarti ketika bangun tubuh langsung bugar. Tetap lakukan peregangan ringan di atas kasur seperti peregangan kepala, tangan, dan badan. Meskipun terlihat sepeleh, namun hal ini sangat berpengaruh untuk membuat tubuh lebih siap dan segar untuk beraktivitas.

Sarapan Bergizi

Ilustrasi: pixabay

Sarapan dipagi hari sebelum beraktivitas sangat dianjurkan tubuh, sebab sarapan membuat tubuh anda lebih berenergi. Sarapan juga bisa mengontrol berat badan, meningkatkan fokus, serta mencegah peningkatan kadar kolestrol.

Seperti yang dikatakan para ahli sarapan 30 menit setelah bangun tidur bisa menstabilkan kadar gula darah. 

Reporter: Humaidy Kenedy
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *