Cara Mudah Mengolah Daging Agar Lebih Empuk

Sumber: Liputan6

Daging merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam olahan masakan mulai dari soto daging, tumis daging, steak hingga rendang.

Namun, tahukah kalian jika mengelola daging tidak semudah yang dibayangkan. Jika kamu salah dalam mengolahnya, bukannya empuk daging justru bisa jadi keras dan alot

Lalu bagaimana nih sahabat ukhuwah cara mengelola daging biar empuk ?

Salah satu warga perumahan Almira Perdana, Palembang, menerima daging kurban yang dibagikan. Selasa, (20/07/21). Ukhuwahfoto/M. Ilham Akbar

Yuk, sahabat ukhuwah simak cara mudah mengelola daging agar cepat empuk berikut ini:

  1. Perhatikan proses perendaman

Sebelum daging diolah, ada baiknya kamu cuci dan rendam dulu daging tersebut.

Pilihlah bahan bahan seperti jeruk nipis, lemon, atau nanas untuk merendam daging. Bahan-bahan ini dapat melunakkan serat serat daging sehingga daging akan lebih empuk. Tidak hanya membuat daging menjadi lebih empuk, bahan-bahan ini juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada daging.

Jika kamu lebih memilih menggunakan nanas, parut dahulu nanas dan kemudian lumuri daging sapi dengan nanas yang telah diparut. Diamkan 1 hingga 2 jam. Agar lebih fresh kalian bisa masukkannya ke dalam kulkas.

  1. Pukul dengan pemukul daging

Memukul daging merupakan salah satu cara sering digunakan untuk membuat daging empuk. Dengan memakai pemukul daging, pukul-pukul kedua sisi daging sampai tekstur daging menjadi lebih empuk. Jangan lupa memakai telenan sebagai alas agar daging tidak bergeser saat dipukul.

  1. Perhatikan cara memotongnya

Kunci membuat daging empuk juga terletak pada cara kamu memotong daging tersebut. Yang harus kamu lakukan adalah memotong daging berlawanan dengan arah serat dagingnya, ini dilakukan untuk menghambat bersatunya serat daging pada saat proses perebusan sehingga daging pun akan menjadi lebih empuk.

  1. Bungkus dengan daun pepaya

Daun pepaya tidak hanya dapat diolah menjadi makanan tapi juga bisa digunakan untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Cara menggunakan daun pepaya ini juga cukup mudah yaitu, balut daging dengan daun Papaya yang sudah dicuci bersih.

Setelah terbalut sempurna, tusuk-tusuk daun pepaya agar enzim papain yang terdapat pada daun pepaya keluar dan menyerap ke dalam daging. Tunggu hingga 2 jam daging empuk siap di masak.

  1. Gunakan  alat presto

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membuat daging empuk adalah menggunakan alat presto. Dengan alat presto kalian bisa mendapatkan daging empuk tanpa perlu merebusnya Berjam jam.

Alat presto memungkinkan kamu memasak daging dengan cepat karena alat masak ini berbahan stenless tebal dan penutup yang dilengkapi dengan seal kedap udara, yang membuat uap panas tidak keluar sehingga kalian bisa memasak dengan suhu lebih dari 100 derajat celcius.

Reporter: Annisa Meidiani
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *