Buat CV Sesuai Standar ATS!

Desain by Aisyah Safitri.

Penulis: Annisa Dwinahari Putri (Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah)

Setiap harinya, orang-orang belomba mencari dan melamar pekerjaan yang mereka inginkan. Di zaman digital saat ini, melamar pekerjaan bisa dilakukan melalui online yang membuat proses lamaran menjadi cepat dan praktis. Bahkan kita tidak perlu datang ke perusahaan untuk memasukkan berkas, karena lowongan pekerjaan sudah tersedia secara online.

Melamar pekerjaan tentunya memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi. Curriculum Vitae (CV) menjadi salah satu persyaratannya. Disetiap pekerjaan CV adalah hal penting yang harus dimiliki oleh pelamar.

CV berisikan informasi detail mengenai data diri seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, latar belakang pendidikan, hingga pengalaman kerja. Sederhananya, CV merupakan daftar riwayat hidup.

Kemudahan melamar pekerjaan secara online membuat angka minat pelamar sangat tinggi. Dikutip dari CNBC, hampir 75% CV pelamar kerja tidak pernah dilihat Rekruter dan 98% Perusahaan Fortuner 500 menggunakan Applicant Tracking System (ATS) untuk mempercepat proses lamaran pekerjaan.

Baca Juga: Lewat Operasi Pasar, Pemkot Palembang Siapkan 14 ton Minyak Goreng

ATS merupakan software atau sistem yang membantu Human Resources Development (HRD) dalam proses lamaran kerja pada tahap screening. Dalam hal ini, ATS berperan mencatat, memilah, merekap serta memberi nilai setiap CV yang masuk.

Semakin tinggi skor pada CV, menandakan CV tersebut lebih direkomendasikan oleh sistem juga sebagai CV yang ramah ATS. Jika skornya tidak memenuhi standar, maka secara otomatis CV akan ditolak oleh sistem.

Sahabat Ukhuwah, untuk mencapai skor tinggi CV dalam ATS, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak penjelasan dibawah ini yaa!

1. Hindari Desain CV yang Mencolok dan Pertahankan Layout Sesederhana Mungkin

Dari data Linkend, ATS menggunakan algoritme yang akan men-scan resume kamu yang tidak bisa membaca beberapa hal seperti: text box, emoji, font yang tidak umum (karena tidak semua komputer memiliki font baru), gunakan Font Helvetica, Garamond, Arial atau Georgia.

2. Gunakan Kata Kunci pada CV

Menggunakan kata kunci atau keywords dapat memudahkan CV dibaca sistem dan masuk dalam kriteria yang dicari.

3. Simpan Dalam Bentuk PDF

CV dalam bentuk Format Portable Document Format (PDF) akan memudahkan proses screening oleh Rekruter.

Nah sahabat Ukhuwah, gimana nih CV kalian? Sudah pernah buat CV sesuai standar ATS Friendly belum? Yuk, perbaiki CV sebelum melamar kerja dengan standar ATS Friendly!

Editor : Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *