Begini Cara Bedakan Barang Desainer Asli dan KW

istockphoto/LaylaBird.

Tips – Ukhuwahnews | Sekarang banyak orang yang ingin memiliki barang-barang buatan desainer terkenal. Mereka rela melakukan apapun untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Namun, jangan mudah terkecoh dengan penawaran yang menggiurkan lantaran banyak barang palsu yang beredar di pasaran. Barang-barang palsu tersebut begitu mirip dengan aslinya, sehingga sulit untuk dibedakan.

Daripada terlanjur membeli barang palsu atau KW, lebih baik ketahui perbedaan barang asli dan palsu. Berikut asalah cara membedakan barang desainer asli dan palsu.

1. Beli langsung melalui toko resminya

Cara mudah mendapatkan barang bermerek yang asli adalah dengan membeli langsung di tokonya. Selain terjamin keasliannya, kamu juga akan mendapat diskon member atau garansi dari toko.

Kamu juga dapat bertanya langsung dengan penjual terkait produk yang dijual, yang pastinya sudah terlatih dan memahami produk desainer.

Di saat pandemi seperti ini, kamu dapat dengan mudah membeli barang tersebut melalui website resmi masing-masing toko.

2. Keaslian logo

Logo merupakan identitas yang menjadi ikon dari suatu produk. Ketika berbicara mengenai barang desainer, maka branding adalah segalanya, termasuk keaslian logo.

Cara membedakan barang asli dan palsu adalah dengan melihat penampakan logonya. Kamu dapat membandingkan antara logo asli dengan barang yang akan kamu beli.

Dengan memerhatikan logo, kamu dapat melihat apakah logo tersebut sama persis atau tidak konsisten. Namun, Kamu harus jeli dalam melihatnya, karena seringkali logo barang KW dibuat sangat mirip dengan aslinya.

Baca Juga: Hati-hati! Kurang Tidur Sebabkan Kerusakan Mata

3. Bahan dan tekstur barang

Sebelum membeli barang, pastikan kamu sudah melakukan riset terhadap barang tersebut. Hal yang paling mudah dilakukan saat riset adalah dengan mengecek bahan-bahan yang digunakan pada barang.

Misalnya, apakah sebuah baju dibuat dari kain katun? Atau sebuah tas seluruhnya dibuat dari bahan kulit? Kamu dapat mengunjungi toko resminya untuk melihat kondisi barang asli.

4. Perbandingan harga

Sebuah barang bermerek biasanya dibanderol dengan harga yang tidak murah. Hal tersebut dikarenakan toko ingin mempertahankan kredibilitas barang dengan bahan yang awet dan berkualitas.

Kamu dapat membandingkan harga barang yang ingin kamu beli dengan yang ada di toko resmi. Jika harganya terpaut jauh, kamu patut mencurigai keaslian barang tersebut. Karena bisa jadi harga barang yang sangat murah berpengaruh pada kualitas barang.

Dengan memerhatikan keempat hal tersebut, kamu dapat meminimalisasi kemungkinan mendapatkan barang KW.

Penulis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *