Bau Mulut Saat Berpuasa? Ini Tips Mengatasinya!

pixabay/kreatikar.

Penulis: Devi Mellani (Anggota Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah)

Sudah siap menyambut Bulan Ramadan? Yup, di bulan ini umat muslim melaksanakan ibadah yang kita disebut puasa. Banyak sekali yang harus dijaga ketika berpuasa, salah satunya adalah menjaga kebersihan mulut.

Biasanya salah satu permasalahan yang dialami saat berpuasa adalah bau mulut. Kenapa ya mulut bisa bau saat berpuasa? Padahal, ketika berpuasa kita tidak makan atau minum bukan?

Dikutip dari halodoc.com, bau mulut saat puasa terjadi karena berkurangnya produksi air liur yang disebabkan kurangnya asupan cairan. Karena rongga mulut yang kering, bakteri jadi berkembang biak sesuka mereka di sekitar lidah, gigi dan rongga mulut.

Tapi, tidak semua bau mulut disebabkan karena faktor yang sudah dijelaskan di atas yaa. Ada juga yang disebabkan oleh kesehatan gigi dan pencernaan.

Keadaan mulut yang bau, tentunya membuat kita menjadi kurang percaya diri dan ragu untuk memulai pembicaraan. Karena hal tersebut, tak jarang aktivitas menjadi terganggu. Tapi jangan khawatir, bau mulut bisa dicegah dengan berbagai cara kok!

Dilansir dari hellosehat.com, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut, simak penjelasan di bawah ini yaa!

Berkumur Dengan Obat Kumur

Obat kumur dipercaya dapat menghilangkan bakteri yang berkumpul di dalam mulut. Dalam hal ini, direkomendasikan untuk menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Jika dilakukan dengan rutin, berkumur bisa menghilangkan bau saat puasa nanti.

Menyikat Gigi

Biasanya sangat tidak nyaman jika harus menyikat gigi dengan pasta gigi saat berpuasa. Hal ini bisa kita gantikan hanya dengan menyikat gigi menggunakan air. Dianjurkan untuk membiasakan menyikat gigi setelah berbuka dan sahur, agar sisa makanan tidak menjadi tempat bagi bakteri berkembang. Sikatlah gigi kapan pun, jika diperlukan.

Bersihkan Lidah

Sekarang ini, pembersih lidah sudah bisa kita dapatkan dengan mudah. Membersihkan lidah merupakan langkah yang mudah dilakukan demi menghilangkan bakteri di sekitarnya.

Menjaga Kesehatan Gusi

Tak jarang gusi menjadi sarang bakteri, karena letaknya ada pada dasar gigi. Untuk merawatnya kita dapat berkonsultasi dengan dokter gigi.

Baca Juga: Tips Menghatamkan Al-Quran Selama Bulan Ramadhan

Minum Air Putih

Bau mulut terjadi karena kondisi mulut yang kering, untuk itu sangat penting untuk memenuhi asupan cairan. Kita bisa menjaga asupan cairan ketika berbuka sampai dengan sahur sesuai kemampuan untuk mengaturnya.

Minum Jus Buah

Selain air putih, sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi jus buah terutama buah yang mengandung vitamin C.

Gunakan Cuka Apel atau Baking Soda

Tidak punya obat kumur? Tenang, hal ini bisa diatasi dengan cuka apel atau baking soda yang dijadikan obat kumur. Caranya, cukup campurkan dua sendok makan dengan satu cangkir air hangat, lalu kumur-kumur dan bilas.

Untuk memaksimalkan pencegahan, kita dapat menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang berbau menyengat.

Bau mulut memang menjadi kekhawatiran banyak orang ketika sedang berpuasa, tapi bukan berarti hal itu menjadi penghalang kita untuk beraktivitas.

Untuk itu, kita dapat mencegahnya dengan cara-cara di atas untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. Maka, ketika berpuasa kita dapat melakukan aktvitas dengan semangat dan meningkatkan percaya diri. Semoga bermanfaat! Selamat dan semangat menjalankan puasanya yaaa!

Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *