Tips : Inilah kiat-kiat Nur Khotimah Hingga Jadi Lulusan Terbaik dengan Predikat non Akademik

Nur Khotimah, Lulusan Terbaik Non Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Ukhuwahfoto/ Jaiwan Nada Rismin

Setelah menempuh jenjang Program Studi Strata Satu (S1) Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang kurang dari 4 tahun yang merupakan impian dari kebanyakkan mahasiswa.

Nur Khotimah mendapatkan predikat lulusan terbaik non akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) saat wisuda ke-74 UIN RF Palembang, Kamis (8/10/20). Pencapaian ini tentu bukanlah hal yang mudah, banyak perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan Nur hingga sampai mendapatkan predikat itu.

Prestasi-prestasi non akademik yang diraih Nur Khotimah:

1. Juara 3 menulis artikel tingkat nasional 2020 UMN
2. Juara 1 baca puisi tingkat kota palembang
3. Juata 2 baca puisi tingkat provinsi 2017
4. Juara 3 baca puisi tingkat provinsi 2018
5. Juara 2 baca puisi tingkat provinsi 2019
6. Juara 2 baca berita tingkat provinsi 2018
7. Juara 1 lomba video film pendek sumbagsel 2018

Perempuan kelahiran 1999 tersebut mendapatkan Index Prestasi Kumulatif (IPK) 3,85 dan mendapatkan predikat lulusan terbaik non akademik. Menurutnya ada kiat-kiat khusus yang mengantarkannya kepada predikat tersebut.

Maka dari itu, Redaksi Ukhuwah menyajikan kiat-kiat tersebut agar teman-teman Ukhuwah bisa mengikuti jejak Nur Khotimah yang mendapatkan predikat lulusan terbaik non akademik dan dapat lulus kurang dari 4 tahun.

1. Belajar bukan hanya di dalam kelas, tetapi di luar kelas juga.

Menurutnya, kita harus seimbang. Maksudnya adalah belajar itu bukan hanya di dalam kelas, tetapi di luar kelas juga.

“Kalian harus seimbang, belajar itu jangan hanya di dalam kelas, tetap diluar juga. Ketika kalian merasa unggul, belum tentu ketika kalian keluar kalian itu competitive,” ujarnya.

2. Selain belajar teori, kita juga harus belajar praktek.

Saat kuliah kita bukan hanya mencari tentang teorinya saja, tetapi kuliah itu bagaimana cara kita berpikir lebih kritis. Critical thingking dibangun disini, kreativitas juga, cara kita berkomunikasi dengan orang lain, menghargai dan menerima pendapat orang lain, serta membangun diri kita sebagai pemimpin.

3. Ikutilah organisasi yang bersifat sosial

Saat kuliah organisasi juga harus berjalan. Ikutilah organisasi yang bermanfaat untuk diri kita dan bermanfaat untuk depannya juga. Selain itu juga, ikutilah organisasi yang bersifat sosial atau kemasyarakatan, karena hal itu akan membangun sikap empati di dalam diri kita.

4. Jangan menunda-nunda skripsi

Rasa jenuh saat mengerjakan skripsi pasti ada. Namun, tetap kerjakan meskipun sedikit-sedikit dari pada menunda-nunda, jika lelah bisa beristirahat kemudian melanjutkan kembali membuat skripsi

5. Raih prestasi dengan mengikuti lomba-lomba

Beranikanlah diri untuk mengikuti lomba-lomba, bisa dimulai dari semester 3.

“Beranikanlah diri untuk mengikuti lomba, kalaupun bukan untuk fakultas lakukan lah untuk diri sendiri. Cv itu harus terisi penuh, jadi lulus lah tepat waktu dengan banyak pengalaman,” tutupnya.

Nah sahabat Ukhuwah, sekian dulu tips dari kami. Semoga yang sedang menyelesaikan skripsi dilancarkan dan yang masih semester awal semoga kuliahnya semakin semangat untuk bisa mengikuti jejak Nur Khotimah.

Reporter : Aisyah Safitri, Duta Andini
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *