Tips Bersepeda Sehat Ala Dokter Spesialis Olahraga

Ilustrasi : Jaiwan Nada Rismin

Trend olahraga saat pandemi Covid-19 telah mengalami peningkatan. Selain meningkatkan imunitas, olahraga juga baik dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh. Salah seorang dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr. Irfan B Misbach mengatakan, olahraga telah menjadi rutinitas yang harus dilakukan selama pandemi ini.

“Idealnya, olahraga dalam kondisi pandemi saat ini memang harus dilakukan namun tanpa harus berinteraksi dengan orang lain,” ujar Irfannuddin.

Sejak menjadi trand, banyak dari masyarakat yang berbondong-bondong untuk hidup sehat dengan cara berolahraga. Salahsatunya berolahraga sepeda. Hingga Pemerintah Kota Palembang meresmikan jalur khusus sepeda dengan jarak 6 kilometer. Jalur ini berada di Kambang Iwak (KI)-Palembang Square (PS) Mall yang akan dibuka setiap harinya sampai jam 19.00 Wib.

Irfannuddin menambahakan, saat pandemi ini kebanyakan orang-orang bersepeda dengan beramai, hal tersebut haruslah dilakulan dengan mematuhi protokol kesehatan. Inilah tips yang bisa digunakan para pesepeda saat melakukan aktivitas olaharaga sesuai dengan protokol kesehatan.

Pertama, gunakan masker. Apapun jenis masker yang digunakan baik itu masker bedah atau masker kain, hal itu tidak masalah karena masih dapat meminimalisir penularan Covid-19.

Kedua, harus menjaga jarak. Usahakan jarak antara pesepeda 5 atau 10 meter.

Ketiga, gunakan alat-alat pribadi yang diperlukan dalam berolahraga. Misalnya helm, botol minum, handuk, dan alat lainnya.

Keempat, hindari olahraga bersepeda dengan intensitas yang berat. Karema hal tersebut dapat mengakibatkan nafas yang tidak stabil.

Kelima, patuhi aturan lalu lintas jika bersepeda di jalan raya.

Keenam, memilih waktu yang tepat dan baik untuk berolahraga.

Dokter spesialis olahraga itu menjelaskan, waktu yang baik untuk berolahraga adalah pagi hari dibawah jam 10 dan sore diatas jam 4. Karena, intensitas sinar matahari yang baik untuk imunitas tubuh adalah sinar ultraviolet D yang akan muncul pada jam 10 keatas. Namun, bukan berarti dibawah jam 10 sama sekali tidak ada sinat ultraviolet D.

Irfan juga menjelaskan, jika berolahraga haruslah dengan suasana yang nyaman dan bermafaat bagi tubuh. Jangan sampai tujuan dari berolahraga tersebut malah menjadi boomerang bagi diri sendiri.

“Lakukan olahraga dengan suasana yang nyaman. Apabila ingin sengaja menjemur diri, maka siapkan air minum yang cukup banyak. Jangan sampai ketika kita ingin berolahraga dengan tujuan menjaga imunitas tubuh, malah jadi dehidrasi,” pungkasnya.

Reporter : Annisa Dwilya Budaya, Mita Rosnita
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *