Tanamkan Target Tertinggi, Ini Cara Alfiansyah Jadi Wisudawan Terbaik

Menyelesaikan pendidikan dengan durasi kurang dari empat tahun merupakan hal yang sangat diinginkan sebagian mahasiswa yang menempuh pendidikan di jenjang Program Studi Strata Satu (S1). Namun, ada saja mahasiswa yang berfikir bahwa hal tersebut sulit untuk direalisasikan. Tentunya, ada berbagai faktor yang bisa menjadi penghambat gagalnya kelulusan tepat waktu, mulai dari dosen yang sulit temui, menyelesaikan tanggung jawab organisasi, kuliah sambil bekerja, urusan keluarga, hingga melawan rasa malas yang sering datang tiba-tiba.

Maka dari itu, Redaksi Ukhuwah akan menyajikan tips dan trik yang dapat dilakukan teman-teman ukhuwah agar bisa lulus tepat waktu, bahkan bisa lebih awal, seperti yang telah dilakukan salah satu alumni berprestasi Program Studi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang,  Alfiansyah. Dia  dinobatkan sebagai lulusan Terbaik Universitas pada Wisuda ke-73 UIN RF Palembang, Sabtu (4/6/19).

Lelaki kelahiran tahun 1998 tersebut, lulus dengan Index Prestasi Kumulatif (IPK) mencapai 3,95. Menurutnya ada beberapa hal yang telah dilakukan sehingga lulus kurang dari empat tahun.

  1. Memiliki target yang tinggi

Agar dapat lulus dengan waktu yang singkat, ia harus memiliki target yang tinggi sehingga akan berusaha maksimal untuk meraih target tersebut. Menurutnya, kalau usaha sudah maksimal maka hasilnya tidak akan jauh dari yang ditargetkan.

“Kita harus memiliki target yang tinggi maka kita akan berusaha maksimal untuk meraih target tersebut, dan usaha yang dilakukan akan menuai hasil yang telah kita targetkan,” ujarnya.

2. Perbanyak diskusi dengan dosen agar wawasan terbuka lebih luas

Selain mempunyai target yang tinggi, kita juga harus menambah wawasan dengan sering-sering melakukan  berbagai konsultasi dan berdiskusi kepada dosen agar wawasan kita lebih luas.

3. Aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung perkuliahan

Aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung perkuliahan kita, seperti mengikuti organisasi baik Ekstra maupun internal  kampus dan selalu ikuti perlombaan atau menjadi relawan yang juga dapat mendukung kegiatan perkuliahan.

Karena kegiatan berorganisasi dan kegiatan non akademik bukan halangan untuk kita berprestasi, malah dengan aktif di berbagai kegiatan akan menambah wawasan dan sifat sosial kita bisa lebih terbuka dari sebelumnya.

4. Pandai mengatur waktu dalam berkegiatan di organisasi dan di perkuliahan

Selain mengikuti banyak kegiatan yang dapat membantu peruliahan, kita juga harus dapat mengimbangi dengan menentukan apa tujuan kita mengikuti organisasi tersebut dan menentukan mana yang harus menjadi prioritas utama.

5. Beri target pada setiap pekerjaan yang kita lakukan.

Jika sudah menentukan prioritas utama yang akan difokuskan maka kita harus memberi target agar bisa menguasai pekerjaan tersebut dan paham tanpa membuang-buang waktu.

6. Jangan sering membuang waktu dengan hal yang tidak berguna dan tidak jelas

Mencari hiburan boleh, namun diusahakan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan digunakan untuk mendapatkan pengetahuan lagi. Diusahakan  tidak membuang waktu dengan hal yang tidak jelas karena itu akan merugikan kita sendiri.

7. Jangan pernah menunda dan menganggap sepele setiap pekerjaan

Kebanyakan sikap ini lah yang diambil oleh mahasiswa, selalu menunda dan menganggap sepele setiap pekerjaan yang tanpa disadari hal ini lah yang akan memperlambat semua tujuan kita. Seperti pepatah “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dulu, bersenang-senang kemudian,”.

Nah sahabat Ukhuwah, sekian dulu tips dari kami semoga yang sedang skripsi semakin semangat mengerjakan skripsinya dan yang masih semester awal juga lebih menyiapkan diri agar bisa lulus tepat waktu.

Bravo Ukhuwah!

Reporter : Aidil Ikhsan

Editor : Siti Srijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *