Read Time:3 Minute, 34 Second

Artikel – Ukhuwahnews | Halo Sahabat Ukhuwah, pasti teman teman Mahasiswa Baru antusias sekali untuk memasuki dunia perkuliahan. Tau gak sih kalian pada istilah-istilah yang ada di perkuliahan? Yuk kita bahas bersama

1. Rektor
Pimpinan tertinggi yang berada di kampus sekaligus pejabat yang membantu Menteri Pendidikan. Dalam tugasnya Rektor dibantu oleh Wakil Rektor (Warek)
Wakil Rektor I : Membantu Rektor dalam bidang Akademik
Wakil Rektor II : Membantu Rektor dalam bidang Administrasi
Wakil Rektor III : Membantu Rektor dalam bidang Kemahasiswaan

2. Dekan
Dosen yang berada di perguruan tinggi, tugasnya mengajar dan memimpin Fakultas

3. Kaprodi
Kepala Program Studi (Kaprodi) merupakan pimpinan tertinggi pada jurusan yang berwenang sebagai menentukan dosen pembimbing skripsi bagi mahasiswa

4. Civitas Akademika
Merupakan sebutan untuk seluruh masyarakat di lingkup universitas, baik itu jajaran pejabat kampus Rektorat, Staf Administrasi dan Operasional, Dosen, Mahasiswa, Peneliti, serta para praktisi yang ikut berkolaborasi di suatu kampus.

5. PA
Penasehat Akademik (PA) merupakan dosen yang bertugas mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah.

6. SKS
Satuan Kredit Semester (SKS) merupakan bobot pendidikan tiap mata kuliah pada umumnya, tiap kampus menempuh bobot pendidikan sekitar 144-150 SKS untuk lulus. Mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil maksimal 24 SKS tiap semester.

7. KRS
Kartu Rencana Studi (KRS) merupakan kartu yang berisikan rencana banyaknya SKS yang di programkan untuk semester mendatang. KRS di isi oleh mahasiswa bersama dosen PA.

8. KHS
Kartu Hasil Semester (KHS) yakni kartu yang memuat hasil studi setiap mahasiswa per semester.

9. KTM
Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) merupakan kartu yang dibuat mahasiswa sebagai tanda bukti mahasiswa terdaftar di perguruan tinggi.

10. NIM
Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yakni sebagai nomor indentitas semasa perkuliahan.

11. Kalender Akademik merupakan jadwal resmi yang di buat oleh kampus untuk mengatur seluruh kegiatan, baik Akademik maupun non Akademik. Kalender ini berisi timeline masa kuliah, ujian, masa libur, hingga kegiatan lainnya.

12. IPK
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan nilai keseluruhan mahasiswa dari studi yang diambil. IPK digunakan sebagai predikat kelulusan seorang mahasiswa

13. IPS
Indeks Prestasi Semester (IPS) yakni tingkat keberhasilan seorang mahasiswa dalam suatu program semester. IPS diukur dari jumlah nilai kredit mata kuliah yang diambil, dikalikan dengan bobot masing-masing mata kuliah, dibagi dengan jumlah nilai kredit mata kuliah.

14. Semester Antara
Merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap. Bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperbaiki nilai mata kuliah yang sudah ditempuh, meningkatkan IPK, memperpendek masa studi dan menghindari terjadinya putus studi.

15. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Merupakan bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Kegiatan yang berlangsung selama jadwal, biasanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang udah kuliah lebih dua tahun.

16. Praktik Kerja Lapangan/ Magang
Program kerja praktik yang dilakukan mahasiswa di suatu perusahaan atau lembaga untuk mendapat pengalaman kerja.

17. Praktikum
Merupakan kegiatan belajar yang bersifat praktis, yakni dilakukan di laboratorium atau lapangan.

18. UKT
Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan biaya yang harus dibayar oleh mahasiswa per semester. Tentunya, beberapa kampus terbuka untuk menyesuaikan besaran UKT menurut background keuangan keluarga mahasiswa.

19. PBAK atau Ospek
Pengenalan Budaya Akademik Kampus merupakan sebutan untuk kegiatan pengenalan kampus kepada maba. Biasanya, terdapat rangkaian kegiatan outdoor maupun indoor.

20. Simak
Sistem Integrasi Manajemen dan Akademik (SIMAK) merupakan sebuah sistem yang menyatukan berbagai Aspek Manajemen dan Akademik dalam sebuah platform terintegrasi. Sistem ini dirancang untuk memudahkan pengelolaan data, proses, dan informasi terkait dengan kegiatan belajar mengajar dan operasional institusi pendidikan.

21. DO
Drop out (DO) merupakan julukan bagi mahasiswa yang dicopot status kemahasiswaannya karena sudah melanggar aturan fatal yang berlaku, dari melebihi batas masa perkuliahan yang ditetapkan, tidak memenuhi ketentuan administratif, berbuat curang, sampai melakukan tindakan kriminal.

22. Student Exchange
Program pertukaran mahasiswa, baik di dalam maupun dengan kerja sama kampus di luar negeri.

23. HMPS
Himpunan Mahasiswa Program Studi (Hmps)
Merupakan organisasi tingkat jurusan

24. DEMA
Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) merupakan organisasi tertinggi tingkat Universitas maupun Fakultas. Dema bertugas dalam melakukan berbagai macam rentetan kegiatan penerimaan mahasiswa.

25. UKMK
Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus merupakan jenis organisasi di dalam kampus yang bergerak di bidang ekstrakurikuler.

Itu dia istilah perkuliahan yang penting untuk diketahui mahasiswa baru. Apakah temen temen Ukhuwah sudah siap berhadapan dengan istilah tersebut di real life? Jangan lupa diingat sambil dipahami ya!

Penulis: Wiardini Yuli Suanti (Sekretaris Umum LPM Ukhuwah)

Editor: Marshanda

About Post Author

Marshanda

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Jejak Sampah Mahasiswa Baru di Kampus Biru
Next post Pembukaan PBAK UIN Raden Fatah Palembang