Resep Martabak HAR, Makanan Khas India yang Eksis di Palembang

Foto : IST

Penulis: Annisa Meidiani (Anggota LPM Ukhuwah UIN Raden Fatah Palembang)

Mungkin ketika mendengar Palembang sahabat Ukhuwah hanya memikirkan pempek saja. Tapi, bagaimana jika mendengar nama Martabak HAR. Hidangan berkuah kari ini merupakan makanan khas dari India yang dibawa oleh saudagar Palembang keturunan India, yang menikah dengan perempuan Palembang, Haji Abdul Razak.

HAR sendiri merupakan akronim dari nama pemilik martabak waralaba tersebut yaitu Haji Abdul Rozak. Hingga saat ini, Martabak HAR tumbuh dimana-mana, ada yang masih dikelola oleh keluarga Haji Abdul Rozak, ada juga yang dikelola orang lain, terutama mantan pekerja di toko tersebut.

Martabak ini berbahan dasar tepung terigu, yang diberi telor bebek dan telor ayam, kuahnya berbahan kari kambing yang dicampur kentang. Walaupun berasal dari India, namun Martabak HAR Palembang ini berbeda dengan martabak India yang dijual di pasaran. Sebab Martabak HAR memiliki kulit yang lebih renyah dan kuah kari yang tidak terlalu kental, aroma yang tidak terlalu menyengat serta rasa yang tidak terlalu kuat seperti kuah kari asli India.

Nah, kali ini kami akan berbagi resep kepada Sahabat Ukhuwah di rumah yang tertarik untuk membuat Martabak HAR secara mandiri. Penasaran bagaimana cara pembuatannya? Ini resepnya.

Berikut bahan dan bumbu yang perlu disiapkan :

Bahan Kulit

125 gram Tepung terigu protein tinggi

125 gram Tepung terigu protein sedang

1 sendok teh Garam

150 ml Air

Secukupnya Minyak goreng

Bahan Isian

8 butir Telur ayam

Bahan Kuah Kari

150 gram Daging sapi/kambing, potong dadu

150 gram Kentang, potong2

500 ml Santan

1 sendok teh garam

1 sendok teh gula pasir

1 buah kaldu blok sapi

3 butir cengkeh

1 butir bunga lawang

1 ruas kayu manis

1 secukupnya Tepung terigu, larutkan dengan sedikit air

Langkah langkah :

  1. Kulit: Campurkan semua bahan, uleni selama 5 menit sampai adonan kalis. Bagi adonan masing-masing menjasi 50 gr atau sebesar bola pingpong. Kemudian, Lumuri adonan dengan minyak goreng. Diamkan minimal 1 jam.
  2. Kuah kari: Tumis bumbu halus, cengkeh, pekak/bunga lawang, dan kayu manis. Masukkan daging, lalu aduk sebentar. Tuangkan santan, aduk kembali sampai mendidih, kemudian masukkan kentang, garam, gula, dan kaldu. Masak sampai daging empuk dan kuah agak menyusut. Tambahkan larutan tepung terigu, aduk rata. Lalu angkat
  3. Penyajian: Panaskan sedikit minyak dalam teflon datar. Ambil satu bulat kulit, lalu tipiskan. Letakkan adonan di atas teflon, kemudian pecahkan satu butir telur diatas kulit, lipat seperti amplop. Goreng hingga kecokelatan dan sajikan dengan kuah kari serta kecap asin.

Nah Sahabat Ukhuwah, itulah resep untuk membuat martabak HAR yang lezat dan gurih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *