Makanan Indonesia Yang Sering Dijumpai Selama Bulan Ramadan

Penulis : Rezzy Saputra (Pengurus LPM Ukhuwah)

Hallo sahabat ukhuwah, gimana masih semangat  menjalankan ibadah puasanya? Yah Bulan Ramadan yang datang satu tahun sekali ini menjadi momen yang sangat kita nantikan. Apalagi makanan – makanan khas Bulan Ramadan yang selalu membuat kamu merasa kangen!

Kali ini kita akan membahas mengenai pilihan makanan khas Indonesia yang sering kita jumpai selama bulan suci Ramadan ini. Setiap daerah di Indonesia memiliki hidangan makanan berbuka yang beragam. Yok, adakah makanan khas daerah kalian disini.

Mari kita lihat 3 makanan khas Indonesia yang sering kita jumpai selama bulan puasa.

1. Laksan

Makanan khas Palembang, Laksan. Sumber foto : IST

Makanan berbahan dasar ikan ini adalah salah satu kudapan favorit dari kota Palembang. Untuk kalian yang berasal dari Palembang tentu tidak asing lagi kan sama makanan yang satu ini. Selain pempek, laksan merupakan salah satu makanan yang paling dicari saat bulan Ramadan datang.

Tidaklah susah untuk mencari makanan satu ini, biasanya sering dijumpai di Pasar Beduk diseluruh penjuru Kota Palembang sepanjang bulan Ramadan. Masyarakat sering menjadikan laksan sebagai menu untuk berbuka puasa.

Dengan kuah santan yang kental dan dicampur rempah-rempah. Laksan semakin menambah rasa gurih dilidah penikmatnya. Selain itu, kuliner ini lebih nikmat jika disajikan ketika hangat.

2. Lemang

Lemang merupakan kuliner dari Medan. Sumber foto : IST

Iya, namanya lemang guys. Aneh gak tuh dengar namanya. Kuliner khas Indonesia satu ini berasal dari Tebing Tinggi, Medan, Sumatra Utara.

Bahan utama lemang adalah beras ketan, santan, dan garam. Memasak lemang tidak muda sahabat ukhuwah. Pertama kita harus mencampurkan semua bahannya lalu dibungkus daun pisang dan dimasukan dalam sebila bambu. Terakhir diletakkan pada bara api yang menyala.

Selanjutnya, kita tinggal menunggu selama tiga sampai lima jam hingga kudapan ini matang, barulah makanan ini siap dinikmati. Selain itu, masyarakat Medan sering memadupadankan lemang dengan singkong yang telah di fermentasi. Gimana sudah tertarik dengan lemang?  

3. Bingka

Kue Bingka, kudapan dari Kalimantan. Sumber foto : IST

Kue yang sangat populer di Suku Banjar, Kalimantan ini sangat menggoda dengan cita rasanya yang manis dan lembut. Kue ini dapat di temukan sepanjang tahun, tapi menjadi primadona saat bulan puasa karena dianggap cocok untuk menu berbuka puasa.

Bingka dibuat dengan bahan-bahan yang terdiri dari tepung terigu, gula, telur, santan, dan garam. Biasanya, Bingka dipanggang dicetakan berbentuk bunga, tapi dengan seiring berjalannya waktu banyak motif cetakan untuk kue ini. Selain itu, makanan khas Indonesia ini cukup dikenal oleh mancanegara seperti Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Nah itulah beberapa makanan favorit khas Indonesia yang dapat di jumpai saat Bulan Ramahan. Sudah tertarik belum dengan ketiga makanan tersebut guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *