Facebook, WhatsApp, dan Instagram Down Bersamaan, Ada Apa?

Ilustrasi aplikasi media sosial. Pixabay/LoboStudioHamburg.

Ukhuwahnews | Aplikasi pesan singkat dan media sosial di bawah naungan Facebook, inc., yaitu Instagram, Facebook, dan WhatsApp mengalami gangguan pada Senin (04/10/2021) malam WIB. Berdasarkan pantauan Kru Ukhuwah, ketiga aplikasi tersebut tidak dapat diakses beberapa jam sebelum tengah malam.

Hal tersebut sontak menjadi trending topic di Twitter. Banyak pengguna yang mengupload status mengenai padamnya ketiga raksasa media sosial itu. Dalam waktu singkat, terdapat lebih dari satu juta postingan mengenai gangguan tersebut.

Salah satu pengguna Twitter @hindusammat341 melalui postingannya menuliskan “Orang-orang datang ke Twitter untuk mengecek kalau WhatsApp padam.

Sedangkan user lainnya, @moodyanbngt menuliskan di salah satu postingannya “whatsApp down, Instagram down, hati gue down, paket lengkap.”

Ketika dibuka, muncul tampilan di Instagram bertuliskan “couldn’t refresh feed” saat hendak memperbarui tampilan rumah. Ikon jam muncul ketika pengguna berusaha mengirim pesan di WhatsApp. Sedangkan untuk versi webnya, ketiga situs aplikasi tersebut tidak dapat dijangkau.

Peristiwa tersebut tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan di berbagai negara di penjuru dunia dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut berdasarkan laporan The Jerusalem Post melalui akun Twitternya @jerusalem_post.

Akibat gangguan itu, para pengguna Instagram, Facebook, dan WhatsApp langsung beralih ke media sosial lain seperti Twitter dan Telegram.

Melansir dari situs Down Detector, hingga berita ini ditulis sebanyak 21 ribu laporan dari pengguna WhatsApp di seluruh dunia yang mengeluhkan padamnya koneksi layanan perpesanan.

Hingga saat ini, pemilik ketiga media sosial tersebut, Mark Zuckerberg belum memberikan tanggapan resmi terkait gangguan itu. Kemungkinan gangguan berasal dari padamnya situs yang menaungi ketiga aplikasi media sosial tersebut.

Reporter: Wisnu Akbar Prabowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *