Adakan Webinar Nasional, WPS Fair Bahas Independensi Pemberitaan di Era Modern

Sambutan dari Ketua Umum UKM WPS Reza Nanda Widjaya di Graha Pendidikan Polsri, Minggu (10/10/21). Ukhuwahfoto/Delta Septiasmara

Palembang – Ukhuwahnews | Dengan tema “Independen di Era Moderen Untuk Prestasi Tanpa Sensasi”, Unit Kegiatan Mahasiswa Warta Politeknik Negeri Sriwijaya (UKM WPS) mengadakan kegiatan WPS Fair berskala nasional dengan 177 peserta dari seluruh Indonesia, Minggu (10/10/21).

Telah dipersiapkan pada 09 September sampai 08 Oktober kemarin untuk tahap registrasi, puncaknya hari ini kegiatan webinar nasional dengan materi ‘Jurnalistik di Era Digital dan Optimalisasi Media Sosial Di Tengah Gen Z’.

Dalam sambutannya, Ketua Umum UKM WPS Reza Nanda Widjaya menyampaikan keprihatinan terhadap banyaknya pemberitaan yang tidak benar, hanya mementingkan sensasi dan hal ini yang menjadi dasar diadakanya pendidikan dan pelatihan untuk kegunaaan media ini.

“Sangat disayangkan sekarang banyak oknum yanng salah memanfaatkan media ini. Salah satunya adalah dengan menyebarkan berita dan isu yang tidak benar atau sering disebut dengan istilah hoax,” terangnya.

Selain itu, Ketua Pelaksana Rafli Fahriza, juga menyampaikan bahwa WPS Fair adalah agenda tahunan dari UKM WPS.

“Selain agenda tahunan, adanya kegiatan dan mengapa mengambil tema demikian karena pada era sekarang banyak orang yang sudah menyampingkan keakuratan informasi demi sebuah sensasi,” katanya.

Rafli menambahkan, acara ini diadakan secara Offline dan Online serta tetap mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang telah di tetapkan pemerintah.

“Kalau untuk asal peserta pasti saya kurang tahu. Namun, yang pasti ada dari enam LPM Indonesia, yang ikut webinar dan lomba, dan sebenarnya kami hanya berfokus pada target LPM namun tidak menutup kemungkinan untuk peserta umum atau mahasiswa,” jelasnya pada saat wawancara.

Rafli menuturkan bahwa webinar kali ini menyajikan dua materi terkait penggunaan dan pemanfaatan media digital dalam pemberitaan, dengan tujuan agar para peserta terhindar dari berita sensasional dan bijak dalam penggunaan media sosial.

“Sesuai dengan tema, kita bisa independen di era saat ini dan sekarang kan banyak sensasi seperti tv maupun  media sosial, kami berharap untuk seluruh peserta jangan sampai melihat dari sensasi aja, tapi informasi yang diberikan penting atau tidaknya,” tutupnya.

Reporter: Delta Septiasmara, Astri Agustin
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *