Resep Engkak Ketan Khas Lampung, Dijamin Enak

Tampilan luar Kue Engkak Ketan Khas Provinsi Lampung. Ukhuwahfoto/Wisnu Akbar.

Halo sahabat Ukhuwah! Lagi cari ide masakan kue yang unik? Boleh nih coba memasak kue engkak ketan khas Provinsi Lampung. Kue manis ini memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan memiliki aroma yang menggugah selera kita. Biasanya, engkak ketan Lampung disajikan pada saat hari raya maupun pada acara-acara adat tertentu.

Engkak ketan ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Sahabat Ukhuwah dapat menyimpan kue ini hingga jangka waktu beberapa hari hingga satu minggu. Meskipun begitu, sahabat Ukhuwah perlu bersabar, karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, alias bisa berjam-jam!

Dalam proses pembuatannya, ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap hasil dan kualitas dari engkak ketan Lampung, mulai dari jenis bahan, takaran saji, hingga cara pengolahannya. Berikut ini adalah tata cara pembuatan engkak ketan Lampung yang mudah dan praktis, serta bisa dikreasikan sesuai dengan selera sahabat Ukhuwah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Tepung ketan 500gr,
  2. Gula pasir 1 kg,
  3. Telur ayam 8 sampai 10 butir,
  4. Santan 1 liter,
  5. Mentega ±200gr,
  6. Vanili secukupnya,
  7. Bubuk coklat, jika ingin membuat engkak 2 warna, dan
  8. Daun pandan (jika ada).

Alat yang dibutuhkan:

  1. Wadah besar untuk mencampur adonan,
  2. Mixer,
  3. Oven, dan
  4. Loyang persegi berukuran kurang lebih 20 cm x 20 cm.

Cara memasak Engkak ketan Lampung

  1. Rebus santan sampai mendidih. Usahakan larutan santan tidak sampai pecah. Sahabat Ukhuwah bisa menambahkan daun pandan untuk menambah aroma lezat pada saat proses merebus santan.
  2. Siapkan wadah besar dan masukkan telur dan gula hingga tercampur rata. Kemudian tambahkan santan, tepung ketan, mentega, dan vanili secukupnya. Aduk menggunakan mixer hingga halus.
  3. Jika ingin membuat engkak 2 warna, pisahkan adonan yang sudah halus ke dua buah wadah yang berbeda. Kemudian tambahkan bubuk coklat ke salah satu adonan dan aduk hingga bercampur rata.
  4. Sediakan loyang yang sudah dilapisi mentega dan tepung (jika ada) agar engkak tidak lengket pada saat memasak.
  5. Tuangkan adonan ke dalam loyang dalam jumlah sedikit hingga merata dan membentuk satu lapisan. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan dan biarkan selama 10-15 menit sampai meletup-letup.
  6. Keluarkan loyang dari dalam oven dan tuang lapisan berikutnya. Lapisan dapat diseling sesuai keinginan Sahabat Ukhuwah.
  7. Loyang dimasukkan kembali ke dalam oven dalam jangka waktu yang sama. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai selesai. Terakhir, loyang dipanggang lagi menggunakan oven selama 10 menit.

Gimana nih, cukup sederhana bukan? Tapi perlu diingat nih, Sahabat Ukhuwah, semakin banyak lapisan kue engkak yang dimasak, maka waktu yang dibutuhkan juga akan lebih lama.

Engkak ketan merupakan kue basah yang cukup terkenal tak hanya di wilayah Lampung saja. Namun juga di beberapa daerah di Sumatera lainnya, termasuk Kota Palembang. Kue ini juga dapat dijadikan oleh-oleh bagi sahabat Ukhuwah yang ingin membuat jajanan sendiri.

Demikian cara pembuatan kue engkak ketan khas Lampung yang bisa dipraktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Reporter: Wisnu Akbar Prabowo
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *