Malbi, Kudapan Hari Raya Khas Palembang

Malbi, makanan khas Palembang. Sumber foto : tandaseru.id

Setiap daerah tentunya memiliki makanan khas masing-masing, begitu juga Kota Palembang, Sumatera Selatan. Mungkin ketika mendengar Palembang sahabat Ukhuwah hanya memikirkan pempek saja. Tapi, bagaimana jika mendengar nama Malbi. Malbi merupakan salah satu olahan daging sapi yang biasanya menjadi kudapan pada hari besar. Tak terkecuali hari raya Idul Fitri.

Malbi, begitula sebutan namanya oleh masyarakat Palembang. Malbi selalu menjadi menu wajib turun temurun. Hal yang membuatnya spesial adalah daging yang digunakan harus daging sapi yang di masak dengan campuran berbagai macam bumbu rempah. Makanan ini memiliki cita rasa manis, berbeda dengan makanan Palembang pada umumnya yang dominan pedas.

Biasanya, olahan daging ini disandingkan dengan nasi minyak sekaligus dilengkapi dengan sambal nanas dan acar. Namun, di hari raya malbi menjadi pelengkap untuk ketupat atau lontong yang kemudian di siram dengan kuah santan.

Nah, kali ini kami akan berbagi resep kepada sahabat Ukhuwah yang tertarik untuk membuat malbi. Penasaran bagaimana cara pembuatannya? ini resepnya.

Berikut bahan dan bumbu yang perlu disiapkan :

Bahan – bahan :

  1. Daging sapi
  2. Santan
  3. Kecap
  4. Air asam jawa
  5. Gula merah
  6. Lada bubuk
  7. Garam halus

Bumbu yang harus dihaluskan

  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Jahe
  4. Cengkeh
  5. Kayu manis
  6. Jinten
  7. Pala
  8. Cabe jawa

Langkah yang perlu dilakukan

  1. Tumis santan dan seluruh bahan yang telah dihaluskan
  2. Selanjutnya, masukkan daging sapi yang telah dicuci bersih, beri kecap secukupnya dan gula merah sembari diaduk merata, kemudian tambahkan air perasan asam jawa agar daging lebih empuk, lalu aduk merata.
  3. Saat daging setengah matang taburkan gula pasir, garam halus, dan lada bubuk sesuai selera sambil diaduk terus menerus.
  4. Gunakan kompor dengan api kecil agar bumbu tidak gosong, tunggu daging matang sempurna hingga mengeluarkan minyak sampai kuahnya mengering.
  5. Setelah masak, matikan kompor dan malbi siap untuk dihidangkan.

Memasak malbi tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama, hal tersebut bertujuan agar bumbu dapat meresap sempurna kedalam daging sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, sahabat Ukhuwah, itulah resep yang kami berikan untuk membuat malbi yang lezat dan gurih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Reporter : Siti Alicia Zahirah
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *