Bosan, Ini Referensi Olahan Daging Kurban Yang Bisa Dicoba

Hallo sahabat Ukhuwah, Idul Adha 1442 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 atau bertepatan hari ini, merupakan hari raya yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia, termasuk Indonesia.

Euforia hari raya Idul Adha memiliki kesan unik tersendiri bagi umat Islam. Sebab, bukan hanya sekedar melaksanakan Salat Ied, tapi juga dilakukan penyembelihan hewan kurban. Selain sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Allah SWT, menyembelih hewan kurban juga salah satu bentuk meneladani perjuangan Nabi Ibrahim as.

Hewan yang umumnya dikurbankan adalah Kambing dan Sapi, setelah disembelih biasanya daging kurban akan dibagikan ke seluruh warga di lingkungan sekitar terutama warga yang membuthkan.

Oleh sebab itu, biasanya hampir setiap orang akan memasak daging selama euforia Idul Adha. Agar tidak bosan dengan menu olahan daging yang terkesan monoton dan itu-itu saja, berikut beberapa referensi olahan daging yang bisa kamu coba untuk daging kurban kamu.

1. Tongseng Daging

Untuk kamu yang bosan dengan rendang, kamu bisa menjadikan tongseng daging sebagai alternatif pilihan untuk mengolah daging kurban kamu. Cita rasa tongseng yang lebih tajam daripada gulai sangat cocok untuk kamu yang suka cita rasa masakan penuh rempah.

2. Sate Daging

Sumber Gambar : Pinterest

Sate bisa dibilang pilihan favorit yang tidak pernah membosankan sebagai referensi olahan daging. Kamu bisa mengolah daging kurban kamu menjadi sate dengan berbagai pilihan saus yang kamu suka. Misalnya saus kacang ala Madura, saus kecap cabai, atau bahkan saus bumbu Padang.

3. Pindang Daging

Untuk kamu yang suka cita rasa makanan yang gurih tapi segar, olahan daging khas Palembang ini cocok menjadi alernatif pilihan untuk daging kurban kamu. Pindang daging khas Palembang ini menawarkan cita rasa yang otentik dan unik di lidah. Rasa manis dan sedikit gurih dari kecap, pedas dari cabai, dan asam segar dari potongan nanas akan memanjakan lidah kamu saat menikmati kudapan ini.

4. Rawon

Rawon merupakan sup daging khas Jawa Timur yang memiliki kuah berwarna hitam pekat yang dihasilkan dari biji keluak. Rawon memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, dan sangat cocok untuk kamu yang bosan dengan olahan semur daging.

5. Kari Kambing

Sumber Gambar : Pinterest

Salah satu pilihan olahan kambing yang bisa kamu coba adalah kari kambing, terutama untuk kamu yang suka dengan tipikal makanan yang memiliki cita rasa dan aroma rempah yang tajam dan kuat. Kari kambing juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan aroma kambing yang menyengat, karena kari kambing menggunakan daun kari atau daun salam koja yang bisa menyamarkan aroma kambing yang menyengat.

Nah, itulah beberapa referensi olahan daging yang bisa kamu coba untuk daging kurban kamu hari ini, agar menu Idul Adha kamu tidak membosankan lagi. Selamat mencoba Sahabat Ukhuwah.

Penulis : Febio Siti Karina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *